Razia Malam Perlu Digiatkan Kembali

Razia Malam Perlu Digiatkan Kembali

  Selasa, 2 Agustus 2016 09:30
MASIH DITEMUKAN: Puluhan bugkus obat batuk dalam kemasan sachet masih ditemukan di Pantai Pulau Datok. Tumpukan sisa bungkus sachet tersebut menguatkan dugaan penyalahgunaan obat batuk. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Camat Sukadana Sayhrial Solihin sangat menyambut baik diadakannya razia atau patroli rutin yang dilakukan oleh Sat Pol PP Kabupaten Kayong Utara. Dengan razia atau patroli rutin tersebut, diharapkan dia, akan dapat mengurangi peningkatan kenakalan remaja. Apa lagi, dia menambahkan, belum lama ini masih kerap ditemukannya sisa bungkusan puluhan obat batuk dalam kemasan sachet di Pantai Pulau Datok.

 
“Kami sangat mendukung diadakannya razia tersebut. terlebih di tempat-tempat tertentu yang dicurigai sebagai tempat yang disalahgunakan oleh remaja kita. Salah satunya di Pantai Pulau Datok,” kata Syahrial, Senin (1/8).

Menurut dia, menjelang Sail Selat Karimata ini, kegiatan tersebut perlu ditingkatkan. Terlebih, dia menambahkan, dengan melakukan kegiatan gabungan bersama berbagai pihak terkait lainnya. Padahal, dia mengungkapkan, dulu hal tersebut pernah dilakukan, sehingga berdampak baik dikeranakan menimbulkan efek jera.

“Dulu setahu saya sering kegiatan itu dilakukan. Dampaknya juga kelihatan. Mugkin hal yang sama juga perlu adakan lagi, dengan waktu-waktu tertentu. Seperti di atas pukul 21.00 atau 22.00 WIB malam,” sarannya.

Menurut dia, hal ini pun sepertinya bukan hanya tanggung jawab dari pihak berwajib, termasuk dari pihak sekolah. Yang paling berperan, dikatakan dia, adalah pihak orang tua, sehingga dapat melakukan kerja sama atas hal ini. “Orang tua juga harus dapat lebih proaktif. Jangan membiarkan anaknya pulang hingga larut malam. Karena, mengingat anak tersebut masih sekolah dan harus mempersiapkan diri untuk ke sekolah keesokan harinya,” kata dia.

Selain itu, yang perlu diwaspadai untuk saat ini, menurut dia, di mana jika sebelumnya banyak ditemukan penggunaan obat batuk maupun lem, maka yang juga perlu diwaspadai yakni peredaran narkoba. Kondisi terakhir ini, menurut dia, juga tidak luput dari ancaman buat genarasi muda. “Ancaman yang sangat membahayakan juga saat ini yang perlu diwaspadi peredaran narkoba. Selain dari obat batuk sachet dan lem tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, mengenai hal ini juga mendapatkan respons positif dari salah satu warga Sukadana, Juni. Ia menilai dengan adanya razia atau pun patroli rutin oleh pihak terkait, seperti Sat Pol PP, dengan berkerja sama dengan berbagai pihak tentunya, akan berdampak baik untuk generasi muda.

“Paling tidak, kalau memang ada tertangkap, anak tersebut akan dipanggil pihak orang tuanya. Bahkan dari pihak sekolah. Mungkin ini akan menimbulkan efek jera bagi mereka yang sudah keluar dari jalur cara bergaul yang benar,” tutupnya. (dan)

Berita Terkait