Razia Gabungan

Razia Gabungan

  Selasa, 8 March 2016 08:54
PENERTIBAN: Razia gabungan berhasil menjaring ratusan kendaraan bermotor. Ashri/Pontianak Post

Berita Terkait

Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) Kubu Raya bersama pihak kepolisian, Jasa Rajarha dan Satpol PP Kubu Raya Senin (7/3) menggelar razia gabungan yang dipusatkan di Pemakaman Yayasan Bhakti Suci Jalan Adi Sucipto Kubu Raya.  “Razia gabungan ini merupakan salah satu agenda rutin yang kami lakukan. Minal bisa dilakuakn dua hingga tiga kali dalam setiap bulannya,” kata Kepala (UPPD) Kubu Raya , Christina Anselma.

Pantauan Pontianak Post sekitar pukul 09.00 hingga 12.00 cukup banyak kendaraan baik roda dua dan roda empat yang melintas di Jalan Adi Sucipto terjaring razia karena tidak membawa surat-surat secara lengkap saat berkendara, bahkan beberapa kendaraan harus ditahan karena pengendaranya tidak bisa menunjukkan dokumen atau surat menyurat secara lengkap. “Kalaupun ada yang sudah habis masa pajak kendaraannya langsung kami sediakan petugas agar pengendara yang bersangkutan bisa langsung membayar pajaknya dilokasi tempat razia,” paparnya.

Razia gabungan yang digelar tersebut menurut Christina memiliki dampak yang cukup besar, karena secara tak langsung juga berkonstribusi  untuk mendongkar pendapatan pajak daerah. “Kalau tahun sebelumhya targt pendapatan pajak daerah kita itu sekitar FRp38 mliar dan terealisasi se kitar Rp24 miliar. Nah, ditahun ini kami akan lebih berusaha maksimal agar realisasi target pendapatan pajak daerah ini bisa jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Selain mengoptimalkan pendapatan pajak daerah, razia gabungan itu juga dijadikan sarana bagi pihaknya untuk mengedukasi masyarakat agar lebih tertib dan disiplin saat berkendara. Selama mengikuti razia Christina melihat cukup banyak kalangan pelajar yang hanya bisa menggunakan kendaraan namun masih belum paham mengenai kewajiban pengendara seperti membayar pajak termasuk menggunakan atribut berkendaran sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Saya berharap kedepan tidak hanya sadar untuk membayar pajak tepat waktu, namun para pengendara akan lebih sadar untuk melengkapi diir dengan atribut seperti helm dan sejenisnya saat berkendara,” pungkasnya. (ash)  

Berita Terkait