Rayakan Lima Dekade lewat Exhibitionism

Rayakan Lima Dekade lewat Exhibitionism

  Rabu, 6 April 2016 09:10
PAMERAN: Personil Rolling Stones (kiri-kanan) Charlie Watts, Ronnie Wood, Mick Jagger dan Keith Richards tiba di pagelaran bertajuk Exhibitionism di Saatchi Gallery, London, kemarin (5/4). REUTERS/LUKE MACGREGOR

LONDON – Band legendaris The Rolling Stones masih membara. Kiprah band rock Inggris tersebut telah melewati setengah abad. Rata-rata usia personelnya telah menyentuh 70 tahun. Namun, mereka tetap punya energi untuk menapaki panggung demi panggung. 

Setelah sukses melaksanakan konser gratis di Kuba pada 25 Maret lalu, band beranggota Mick Jagger, Keith Richards, Charlie Watts, dan Ronnie Wood itu mengadakan pameran memorabilia 54 tahun berkarir. Pergelaran bertajuk Exhibitionism itu dibuka di Saatchi Gallery, London, sejak kemarin (5/4). Pameran yang berlangsung hingga 4 September tersebut memajang lebih dari 500 '' barang peninggalan'' yang disebar di sembilan ruangan tematik. 

Acara pembukaan pameran tersebut berlangsung meriah. Keempat personel tampil rapi dalam setelan tuksedo. Abaikan kerutan-kerutan di wajah mereka. Dari umur, mereka memang sudah tua. Tapi, soal penampilan, mereka tetap punya gaya masa kini. 

Pada awal acara, mereka bahkan berkeliling di luar area pameran sambil memberikan tanda tangan buat para fans. Acara makin ramai karena tiap personel mengajak serta keluarga. Dua anak Jagger, Georgia May dan James, hadir. Keduanya kompak mengenakan pakaian bernuansa gelap. 

Wood hadir bersama istrinya, Sally. Perempuan yang dinikahi pada 2012 itu tengah mengandung anak kelima Wood yang diperkirakan kembar. Pasangan berbeda usia 31 tahun tersebut juga ditemani putra ketiga Wood, Tyrone.

Eks basis The Rolling Stones Bill Wyman juga datang ke pameran tersebut. Kehadiran personel yang bergabung sejak 1962 hingga 1993 itu bak rombongan karnaval. Dia membawa empat anggota keluarganya dengan pakaian beraneka warna.

Jagger mengaku telah memimpikan pameran itu. ''Ide tersebut kembali muncul saat kami merencanakan konser tur Amerika Selatan. Menurutku, inilah waktu yang paling pas,'' ucap vokalis yang punya gaya eksentrik tersebut. Sementara itu, gitaris Keith Richards menyatakan, Exhibitionism layaknya museum musik karena menampilkan alat-alat musik sejak era 1960-an.

Tidak puas dengan konser Amerika Selatan dan pameran, band yang terkenal dengan ikon bibir dengan lidah terjulur itu akan merilis album dalam waktu dekat. Wood menjelaskan, dirinya dan rekan-rekannya tengah menyortir lagu baru. ''Lagu-lagu itu punya nuansa blues. Saat kami mendengarkannya berulang-ulang, rasanya wow, ini kami banget,'' tutur basis berusia 68 tahun itu. Calon album ke-25 tersebut, kabarnya, dirilis tahun ini. (Telegraph/Rolling Stone/Billboard/fam/c11/jan)