Rayakan Hari Ibu, GOW Khitan 79 Anak, Peringatan ke-87 Hari Ibu di Ketapang

Rayakan Hari Ibu, GOW Khitan 79 Anak, Peringatan ke-87 Hari Ibu di Ketapang

  Selasa, 15 December 2015 07:38
SUNATAN MASSAL: Tampak salah seorang anak peserta sunatan massal yang digelar GOW dalam rangka Hari Ibu ke-87 di Klinik Aisiyah Kelurahan Kauman, Kecamatan Benua Kayong, kemarin (14/12). ISTIMEWA

KETAPANG – Sebanyak 79 anak dari orang tua keluarga kurang mampu, mengikuti khitananan massal. Kegiatan itu sendiri digelar Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-87. 

Sunatan massal yang  digelar di Klinik Aiyiah Kelurahan Kauman, Kecamatan Benua Kayong, Senin (14/12) ini, merupakan sikap dan bentuk kepedulian mendalam GOW Kabupaten Ketapang, terhadap masyarakat kurang mampu di tengah himpitan ekonomi yang sulit. Setidaknya, harapan mereka, bisa mengurangi beban ekonomi mereka.

"Di hari ibu ke-87 ini GOW sengaja menggelar sunatan massal. Dengan tujuan membantu anak dari keluarga kurang mampu, dengan harapan mereka dapat tertolong meringankan beban hidup," kata Ny Septalina Ismed Siswadi, ketua GOW Kabupaten Ketapang di lokasi sunatan massal

Dikatakannya, gelar sunatan massal ini merupakan agenda tahunan GOW Kabupaten Ketapang bekerja sama dengan  berbagai pihak, termasuk Pemkab Ketapang, Yayasan Aisyiah, dan pihak terkait lainnya. Sementara, dia menambahkan, untuk tenaga medis melibatkan mereka yang ada dalam Kabupaten Ketapang seperti dari puskesmas-puskesmas terdekat maupun dari klinik. "Gawai GOW melakukan sunatan massal ini rutin diadakan setiap tahun dan melibatkan berbagai pihak, termasuk dari paramedis. Semua pembiayaan kita tanggung semua," katanya.

Selain itu, Septalina juga mengungkapkan jika anak-anak dari orang tua kurang mampu yang dikhitan ini pun mereka bekali dengan obat gratis selama dalam penyembuhan. Bahkan, dia menambahkan, GOW juga memberikan hadiah berupa bingkisan satu helai  kain sarung dan kopiah untuk setiap anak hingga amplop dengan isi sejumlah uang. Masih menurutnya, kegiatan yang digelar mereka juga tidak hanya sunatan massal. Berbagai kegiatan lain mereka gelar seperti lomba cerdas cermat ibu-ibu dari organisasi wanita yang tergabung dalam GOW Kabupaten Ketapang, lomba baca puisi anak SD, lomba story telling, serta lomba kebaya kreasi ibu dan anak. Mereka juga melakukan anjangsana dan ziarah ke makam-makam sesepun GOW di Kota Ale ale ini. (ser)