Ratusan Mobil Hias

Ratusan Mobil Hias

  Selasa, 18 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

Pukau Ribuan Penonton

SINGKAWANG—Ribuan penonton bertumpah ruah menyaksikan karinaval mobil hias untuk menyemarakan Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) Ke-XI di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Ratusan mobil hias tampil dengan corak ragam yang berbeda-beda. Ada mobil hias bermotif khas seni budaya melayu, mobil hias berbentuk kapal laut, rumah dan ada juga mobil hias berlambangkan kekayaan hasil pertanian.

Meskipun kegiatan ini dilangsungkan dalam kondisi hujan gerimis. Namun tidak menyurutkan semangkat para penonton untuk menyaksikan iringan karinaval mobil hias yang bercirikan budaya melayu di Kalimantan Barat.

“Senang adanya perggelaran karinaval festival seni budaya melayu. Ini baru pertama kali dilaksanakan bersamaan dengan HUT Pemkot Kota Singkawang Ke-15,” ucap Warga Kecamatan Singkawang Tengah Ridwan, Senin (17/10) ikut menyaksikan karinaval mobil hias di Jalan Kalimantan.

Dia mengatakan festival seni budaya melayu ini perlu dipertahankan dan dilestarikan. Supaya generasi muda akan datang tidak melupakan catatan sejarah kultur budaya melayu daerah.

Ia menuturkan catatan sejarah budaya melayu tidak hanya berada di Kalimantan Barat. Tetapi budaya melayu ini sudah tersebar dipelosok negeri nusantara.Sehingga kultur budaya melayu menjadi perekat bagi kemajuan negara kesatuan republik Indonesia.

“Kutlur budaya setiap daerah perlu dilestarikan. Tidak hanya kultur budaya melayu saja ditampilkan. Tetapi masih banyak kultur budaya lain yang harus di jaga bersama-sama demi membangun persatuan dan kesatuan negara republik Indonesia,” tukasnya.

Sementara itu seketaris daerah Kota Singkawang Syach Bandar menambahkan kegiatan festival seni budaya melayu ini dilaksanakan bersamaan dengan rangkaian kegiatan HUT Pemkot Singkawang Ke-15 tahun berdiri sebagai otonomi daerah.

“Banyak rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan dalam festival seni budaya melayu. Berbagai perlombaan menarik lainnya juga akan dilakukan seperti lomba sampan dan lomba berbalasan pantun maupun lomba bertutur,” terangnya.

Dia menyampaikan festival seni budaya melayu ini juga akan mementaskan berbagai kegiatan maupun perlombaan lainnya. Hal tersebut akan diikuti oleh berbagai utusan dari perwakilan daerah kabupaten/kota di Kalbar.

Ia mengungkapkan untuk menyukseskan kegiatan festival seni budaya melayu, 16-22 Oktober 2016. Diperlukan adanya kerjasama masyarakat dan pemerintah daerah untuk ikut menyukseskan agenda dua tahun sekali festival seni budaya melayu Ke-XI se-Kalimantan Barat.

“Kami minta kegiatan festival seni budaya melayu ini dapat berjalan lancar dan terselenggara dengan baik. Partisipasi masyarakat ramai juga diharapkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat perayaan festival seni budaya melayu dilaksanakan di Kota Singkawang,” tutup Syach Bandar juga Ketua Panitia FSBM Ke-XI di Kota Singkawang. (irn)

 

 

 

Berita Terkait