Ratusan Liter Arak Nyaris Beredar

Ratusan Liter Arak Nyaris Beredar

  Sabtu, 30 July 2016 10:42
///PELAKU MIRAS: Pelaku miras saat diamankan anggota Polsek Silat Hilir. Dia diamankan ketika membawa ratusan liter miras dari arah Sintang, dalam razia yang berlangsung di simpang penyeberangan Silat, Rabu (27/7) lalu. MUSTA’AN/PONTIANAK POST///

Berita Terkait

SILAT – Anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Silat Hilir, Rabu (27/7) lalu mengamankan ratusan liter minuman keras (miras) jenis arak putih. Minuman berkadar alkohol tinggi tersebut dibawa IG, warga Desa  Menoang Baru, Kecamatan Dedai, Kabupaten Sintang.

Penangkapan arak yang sudah dikemas dalam jeriken putih itu dilakukan saat jajaran Polsek Silat Hilir menggelar razia rutin di simpang tiga Silat, Dusun Rejosari, Desa Pangeran, Kecamatan Silat Hilir. Kepala Polsek (Kapolsek) Silat Hilir, AKP Yudi Trisno, menjelaskan bagaimana kronologis  penyitaan miras dari tersangka dilakukan mereka. Diceritakan dia, bermula dari razia di simpang penyeberangan Silat, Kampung Pangeran, Dusun Rejosari (SP III), Kecamatan Silat Hilir yang dimulai sekitar pukul 08.30 WIB. “Sekitar jam 09.00 WIB kami mengamankan pengendara sepeda motor dari arah Sintang menuju penyebrangan Silat, (ternyata) ia membawa miras jenis arak,” jelasnya.

 Dia mengatakan, sebanyak lima jeriken yang berisikan arak putih sekitar 100 liter. “Arak yang tersangka bawa kurang lebih 100 liter, jenis arak putih,” terang Kapolsek, Kamis (28/7).

Setelah dilakukan pengecekan dan yakin bahwa lima jeriken tersebut adalah arak, pihaknya langsung mengamankan tersangka berikut barang bukti (BB). Kemudia mereka memproses yang bersangkutan di Mapolsek, sesuai dengan hukum yang berlaku.

Dia berharap, dengan adanya penangkapan miras tersebut, tak ada yang memproduksi minuman jenis ini kembali. Dipastikan dia bahwa razia tersebut akan berkelanjutan, dengan harapan di wilayah hukum Silat Hilir bebas dari miras. Karena dampak miras ini, diakui dia, sangat merugikan masyarakat dan merusak generasi muda. “Miras dapat memicu semua kejahatan di wilayah ini,” papar Kapolsek yang memimpin langsung razia.

Dijelaskannya, razia tersebut dalam rangka menciptakan kondisi kamtibmas di wilayah hukum Polsek Silat Hilir. Yudi mengatakan, razia cipta kondisi tersebut menyasar curanmor, barang-barang ilegal, juga peredaran miras yang diduga masih banyak berlaku di masyarakat. “Hal ini dilakukan dengan tujuan agar di wilayah hukum Silat Hilir kondisi kamtibmas akan lebih aman dan nyaman,” terang dia.

Menurut Kapolsek, peredaran miras bisa dituntaskan jika ada dukungan dari masyarakat. Dia juga berharap tidak ada lagi masyarakat yang mengonsumsi miras. Sebab, dia mengingatkan, kejahatan yang satu ini, selain bisa mengganggu kantibmas di lingkungan masyarakat, juga sangat berbahaya bagi kesehatan. Apalagi, diingatkan dia kembali jika minuman yang satu ini merupakan jenis oplosan yang tak jelas kadar alkohol yang terkandung di dalamnya.(aan)

Berita Terkait