Rapat Evaluasi Imlek dan CGM

Rapat Evaluasi Imlek dan CGM

  Jumat, 29 January 2016 09:04
EVALUASI : Panitia Imlek Cap Go Meh Sungai Pinyuh melaksanaan rapat evaluasi

Berita Terkait

SUNGAI PINYUH-Mematangkan perayaan Imlek dan Cap Go Meh (CGM) 2015 di Kecamatan Sungai Pinyuh, panitia menggelar rapat evaluasi, kemarin malam di gedung Ju Jie, Selasa (26/1) malam. Rapat dihadiri Camat dan jajaran Muspika di Kecamatan Sungai Pinyuh.

“Kita patut bersyukur karena Kecamatan Sungai Pinyuh diberikan kesempatan menjadi lokasi utama perayaan Imlek dan CGM di Kabupaten Mempawah. Karenanya, panitia dan semua pihak harus mematangkan persiapan agar perayaan imlek dan CGM berjalan dengan sukses dan meriah,” kata Camat Sungai Pinyuh, Syamsul Rizal.Bahkan, sambung Syamsul Rizal, perayaan Imlek dan CGM di Sungai Pinyuh menjadi alternatif bagi para pengunjung di Kalbar. Sebab, Sungai Pinyuh menjadi daerah yang cukup dikenal masyarakat luas dalam pelaksanaan perayaan hari keagamaan warga Tionghoa, setelah Kota Singkawang dan Kota Pontianak.

“Makanya, saya menghimbau seluruh pihak untuk berperan aktif dan terlibat dalam mensukseskan perayaan imlek dan CGM di Sungai Pinyuh. Bukan hanya warga Tionghoa saja, warga etnis lain juga dapat berpartisipasi,” himbaunya.Terkait persiapan perayaan, Camat memperkirakan pada tahun ini akan lebih semarak dan meriah dibandingkan sebelumnya. Terutama dilihat dari rangkaian acara yang telah disiapkan panitia dalam perayaan imlek maupun CGM.

“Konsep acaranya sudah sangat baik sekali. Tinggal bagaimana koordinasi antar panitia agar seluruh susunan acara bisa berjalan lancar dan semarak. Terutama acara pada malam imlek yang bisa dikatakan puncak perayaan. Mulai dari acara kesenian hingga hiburan akan ditampilkan pada malam tersebut,” ujarnya.Untuk itu, Camat menyarankan agar panitia dapat mempersiapkan seluruh susunan acara dengan sebaik mungkin. Agar, memudahkan panitia dalam melakukan evaluasi dan perbaikan jika dirasakan ada yang kurang maksimal.

“Pemerintah Kecamatan Sungai Pinyuh mendukung penuh perayaan imlek dan CGM 2015. Kita berharap agar setiap tahunnya perayaan imlek dan CGM di Sungai Pinyuh selalu mengalami peningkatan baik dari sisi kemeriahan acara maupun nilai-nilai keagamaannya,” tuturnya.Sementara itu, Kanit Binmas Polsek Sungai Pinyuh, Iptu Arto mengakui perayaan imlek dan CGM di Sungai Pinyuh setiap tahunnya selalu mengalami kemajuan dan perkembangan. Karenanya, dia menilai perlu konsep pengamanan yang lebih matang agar seluruh rangkaian acara berjalan tertib, aman dan lancar.

“Salah satu dampak dari perayaan terjadinya kemacetan kendaraan di lokasi acara. Nah, kita harus fikirkan agar bisa mengurai kemacetan kendaraan tersebut. Supaya, para pejabat tamu undangan maupun masyarakat dapat menikmati suguhan acara kesenian dan hiburan dengan nyaman,” katanya.Arto pun mengaku sependapat jika salah satu alternatif pengamanan arus lalu lintas dengan cara memberlakukan sistem jalur masuk dan keluar. Pihaknya akan menempatkan petugas yang akan mengatur arus kendaraan yang masuk dan keluar di lokasi acara.

“Saya sangat setuju agar masuk dengan satu pintu dari arah simpang Jalan Pancasila. Sehingga, arus masuk dan keluar kendaraan tidak menumpuk. Kita atur agar arus kendaraan berjalan lancar. Untuk pola pengamanan ini, nanti akan di laporkan dulu kepada pimpinan,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait