Rap Melayu ala Reot

Rap Melayu ala Reot

  Selasa, 9 February 2016 09:33

Berita Terkait

ALUNAN musik dengan beat yang cepat dan lirik lagu yang memiliki rima yang sama merupakan ciri khas dari rap. Rap sendiri merupakan salah satu dari 4 elemen hip hop yang berakar dari masyarakat Afro-Amerika. Umumnya para rapper ini menggunakan bahasa Inggris atau bahasa Indonesia jika rapper tersebut berasal dari Indonesia. Tetapi Pontianak juga nggak mau kalah buat memiliki rapper yang menggunakan bahasa melayu Pontianak dalam lagu-lagunya. Mereka adalah duo rapper Resident End of Time yang sangat bangga saat menggunakan bahasa daerah dalam karyanya. By: Indry Agnesty

Dibentuk karena hati, terdengar klise tapi begitulah tujuan dari Emend dan Joe Da Flash saat membentuk grup duo rapper Resident End of Time atau disingkat Reot. Pada awalnya mereka berdua adalah solo rapper dan berasal dari clan rapper yang berbeda. Hingga akhirnya karena mereka memiliki kesamaan tujuan dan pemikiran, mereka bergabung pada 1 Januari 2015.

Mereka menamakan diri Resident End of Time yang bermakna semua pertanda sudah dimunculkan dan semua kejadian sudah dinyatakan. Resident End of Time lebih cenderung untuk menggunakan bahasa nusantara khususnya bahasa melayu dalam karya-karyanya karena setiap daerah punya bahasa slang yang berbeda dan hal itu juga sebagai bukti kebanggaan mereka terhadap keberagaman bahasa nusantara.

Pada 20 April 2015 nanti, Resident End of Time akan merilis album pertamanya yang berjudul “Luar Kelas”. Dalam album ini akan berisi 10 single yang umumnya bertemakan tentang keadaan sosial masyarakat di masa kini. Rata-rata lirik lagu dari single yang ada di album “Luar Kelas” meyelipkan pantun melayu yang dimodernkan atau yang menggunakan bahasa nusantara. Hal tersebut dikarenakan budaya rap selalu menggunakan puisi dalam karyanya tapi Resident End of Time menerjemahkannya dengan menggunakan pantun yang merupakan puisi klasik dari nusantara. Album ini juga diramaikan dengan teman-teman sesama rapper yang berasal dari Sabah dan Sarawak.

FYI nih guys, Tim X ada dapat tentang 4 single yang bakal dirilis dari album “Luar Kelas” ini. Seperti single yang berjudul “Cukup Diam” yang bercerita tentang hati yang tak ingin dikhianti oleh sesama teman. Second, ada single berjudul “Fenomenal” yang mengangkat tema tentang budaya sosial media yang terjadi di masyarakat (kekeinian). Third, there is “Song of War (S.O.W)” yang berkisah tentang perang pencucian otak (brain wash) yang terjadi secara universal. The last is “Runsin”, single yang jika diartikan adalah tingkatan paling atas dari risau ini mengisahkan tentang perilaku dunia yang terbolak-balik khususnya tentang perilaku tua-tua keladi dan sedikit menyinggung fenomena batu akik.

Sebelum perilisan album “Luar Kelas”, Resident End of Time sudah merilis 2 single yaitu “Cukup Diam” dan “Fenomenal” pada event Record Store Day yang diselenggarakan secara serentak di seluruh dunia, untuk kota Pontianak dilakukan di Oz Café pada 26 April 2015.  Perilisan kedua single ini sangat diapresiasi oleh masyarakat hingga sold out di pasaran saat event tersebut.

Pada tahun 2015, Resident End of Time sudah 4 kali diundang ke Sabah dan Sarawak untuk mengisi event All Genre dan Since Hip Hop. Seringnya mereka diundang untuk mengisi event di negeri tetangga dikarenakan masyarakat Sabah dan Sarawak merupakan masyarakat yang selalu ingin tahu dan selalu ingin belajar tentang keberagaman nusantara.

Dalam berkarya di dunia musik, khususnya untuk daerah Kalimantan Barat, Resident End of Time sangat salut dengan apresiasi masyarakat yang beragam dan selalu tetap berusaha menerima serta peduli terhadap karya musisi Kalbar. Selain itu, para musisi Pontianak juga selalu merangkul dan saling support terhadap sesama musisi karena mereka tahu bagaimana perjuangan dalam bermusik khususnya di Kalbar, sehingga tidak ada rasa persaingan di antara mereka.

Karya-karya yang dihasilkan oleh Resident End of Time selalu menyelipkan pesan “Keep it real” yang bermaksud untuk selalu melihat kenyataan, jangan terbuai dengan dunia tapi lihatlah kenyataan yang ada di sekitar kita. Nah, buat sobat X yang pengen tahu lebih jauh tentang Resident End of Time bisa cek di akun instagram @ReotOfficial. Sukses selalu untuk kalian ya, guys!**

Berita Terkait