Rano Karno: KEK Tanjung Lesung akan Dongkrak Daerah Tertinggal

Rano Karno: KEK Tanjung Lesung akan Dongkrak Daerah Tertinggal

  Kamis, 30 June 2016 11:32

Berita Terkait

GUBERNUR Banten Rano Karno mengatakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung akan mendongkrak dua kabupaten tertinggal; Pandeglang dan Lebak.

"KEK Tanjung Lesung akan mempercepat proses pengentasan kemiskinan di Pandeglang dan Lebak," kata Rano Karno kepada wartawan di Banten.

Menurut mantan aktor terkenal itu, 14 kecamatan dan 50 desa/kelurahan di empat kabupaten dan kota yang dilintasi jalan tol akan terangkat. Jalan tol ini akan menghubungkan Jakarta dengan Tanjung Lesung di Pandeglang.

Kecamatan dan desa yang akan dilintasi jalan tol itu tersebar di Kota dan Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak. Namun yang terbanyak adalah desa-desa di Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Rano Karno melanjutkan pembangunan jalan tol Serang-Panimbang kini pada tahap persiapan pengadaan lahan. "Semua dokumen pembebasan tanah dinyatakan lengkap," kata Rano Karno.

Sesuai Perpres 71 tahun 2012 diubah No 148 tahun 2015, kita diberikan waktu 111 hari untuk segera mengeluarkan SK Gubernur tentang pengadaan lahan. Namun Rano yakin bisa melakukannya dalam 60 hari.

Hiramsyah Sambudhy Thaib, ketua Pokja 10 Top Destinasi Kemenpar, berharap setelah tahap penetapan segera dilanjutkan pelaksanaan teknis di lapangan, agar realisasi pembangunan tol Serang-Panimbang ini tidak molor.

"Pariwisata butuh percepatan untuk mengejar target kunjungan 20 juta wisatawan pada tahun 2019," kata Sambudhy Thaib.**

Berita Terkait