Ramen dengan Aneka Topping

Ramen dengan Aneka Topping

  Kamis, 25 Agustus 2016 09:30

Berita Terkait

Mie ramen merupakan sajian praktis yang enak dan disukai banyak orang. Masakan Jepang yang berkuah ini menjadi favorit para pecinta kuliner selain sushi, shabu shabu, sashimi, onigiri, ataupun tempura. Ramen ini bisa disajikan dengan aneka topping hingga diolah menjadi burger.

Oleh : Marsita Riandini

Saat ini menikmati mie ramen tak harus jauh-jauh berkunjung ke Jepang. Di Indonesia termasuk di Pontianak, bisa dijumpai restoran maupun cafe yang menyediakan makanan tersebut. Diantaranya Khalila Burger Ramen, yang merupakan salah satu kedai kuliner yang ada di What The Food di Jalan Gusti Hamzah. 

Tim For Her berkesempatan mencicipi beberapa sajian mie ramen yang ada disana. Banyak cara untuk menikmati mie ramen di sana. Bisa mencampurkannya dengan telur rebus, daging sapi, ayam, sosis, ataupun bakso. Semua tergantung dengan selera Anda. 

Kuah adalah bagian terpenting dari ramen. Ada dua jenis kuah ramen di Khalila Burger Ramen, yakni kari dan soyu. Kuah kari cenderung lebih kental. Bagi yang kurang menyukai kuah kental, soyu bisa menjadi pilihan. 

“Rata-rata pengunjung lebih suka yang kari. Tapi balik lagi dengan selera masing-masing orang,” jelas Cinthia Widiaswara, Owner Khalila Burger Ramen.

Mie ramen tak terlalu berbeda dengan mie pada umumnya. Ramen lebih tipis. Penyajiannya cukup menarik karena terdapat irisan wortel, nori, kamaboko, dan stick kepiting di dalamnya. Isi satu mangkuk khas ramen cukup banyak. Lengkap dengan telur rebus. Selain mengenyangkan, citarasanya juga sedap. 

Tersedia pula menu mie ramen jumbo. “Saya punya langganan yang biasa memesan mie ramen jumbo,” ujar Cinthia yang memulai usaha dengan gerobak ini. 

Mie ramen semakin sedap, jika dinikmati selagi hangat. Jika ingin menambahkan tingkat pedasnya, telah disiapkan bubuk cabai merah di meja. Tersedia pula level pedas yang menantang untuk Anda cicipi. 

“Level satu sampai lima itu free. Tetapi jika inginkan level yang lebih dari itu ada tambahan biaya. Sejauh ini ada yang pernah sampai pada level dua puluh,” ungkapnya. 

Cinthia termasuk salah satu orang yang suka jajan. Berbagai tempat makan ia kunjungi, tak terkecuali yang menjual mie ramen. Dari situlah berbagai referensi ia dapatkan, termasuk soal rasa. Itu sebabnya, ramen buatannya pun memiliki citarasa yang berbeda karena telah berinovasi dan menyesuaikan dengan lidah lokal.  

“Untuk rasanya, saya sesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Kalau taste aslinya, kecenderungan memang kurang disukai,” ungkapnya. 

Kisaran harganya pun disesuaikan dengan topping yang dipilih. Dimulai dengan harga Rp14 ribu. Tak hanya anak muda, banyak pula orangtua yang datang membawa anak-anak mereka untuk menikmati sajian mie ini. Suasana pengunjung lebih ramai pada malam hari. 

“Kami buka dari pukul 10.00 sampai malam. Memang lebih ramainya itu dari sore hingga malam hari,” jelasnya. **

------------------------

Rambo (Ramen Bakso)

Sekilas nama mie ramen yang satu ini akan mengingatkan Anda pada sesosok jagoan di sebuah film Amerika Serikat. Ternyata nama rambo diambil dari kata ramen dan bakso. Sesuai namanya, ramen ini menggunakan beberapa bulatan bakso sebagai toppingnya.  

Ramen Sosis Jumbo

Ramen memang sedap dinikmati dengan campuran topping, salah satunya sosis. Sosis yang digunakan pun sosis ukuran jumbo. Tentu saja Anda akan puas menikmati mie ramen ini. 

Ramen Chicken Katsu

Seperti ramen lainnya, ramen chicken katsu ini juga sama menggunakan irisan wortel, telur rebus, dan stik kepiting. Bedanya, ramen ini menggunakan daging ayam yang sudah di fillet. Rasa dagingnya empuk dan gurih. Tentu saja melengkapi citarasa mie ramen yang Anda cicipi.  

Burger Ramen

Ramen dan burger merupakan dua sajian menu yang berbeda. Tapi bagaimana bila keduanya dikombinasikan menjadi satu jenis makanan? Itu pula yang bisa Anda temukan di salah satu daftar menu Khalila Burger Ramen. Juga tersedia beragam jenis topping pilihan, seperti ayam, sapi, sosis, telur, juga jamur crispy.  Awalnya Khalila Burger Ramen menyediakan burger. Ketika ramen lagi marak, pemiliknya Cinthia mengombinasikan kedua menu ini. Bila burger biasanya menggunakan roti, burger ramen ini menggunakan mie ramen sebagai pengganti rotinya. (mrd)

Berita Terkait