Raksasa Laut Penjemput Maut

Raksasa Laut Penjemput Maut

  Kamis, 10 December 2015 09:35
TAK TERDUGA: Kru kapal Essex tidak menyangka akan menghadapi sperm whale yang dianggap mitos dan menghancurkan seluruh kapal.

Berita Terkait

Melville berhasil menjadi salah satu karya literatur klasik yang dikenang sepanjang masa. Namun, hal serupa tak dialami kisah yang justru menjadi sumber inspirasinya, In the Heart of the Sea oleh Nathaniel Philbrick.

Buku tersebut berkisah tentang perjalanan sebuah kapal pengangkap ikan paus, Essex, yang tenggelam di selatan Samudra Pasifik pada abad ke-19. Essex yang dinakhodai Heorge Pollad Jr (Benjamin Walker) dan Owen Chase (Chris Hemsworth) bertemu dengan ikan paus sebesar gajah mammoth. Paus itu menghancurkan Essex dengan mudah dan membuat para awak kapal terombang-ambing di tengah laut selama 90 hari.

Tanpa mengubah kejadian-kejadian penting dari sejarah, sutradara Ron Howard mengusung kisah perjuangan kru Essex yang disusun Philbrik dari catatan Chase dan cabin boy Thomas Nickerson, salah seorang kru yang hidup hingga sekarang, tersebut ke layar lebar. Perjuangan mereka menerjang badai dalam keadaan panik dan kelaparan ditonjolkan dalam film In the Heart of the Sea.
Sebagaimana diketahui, film itu telah disusun selama 10 tahun. Sebab, mengubah narasi panjang dan berliku ke dalam format film biasa ternyata cukup sulit. “Charles Leavitt (penulis skrip, Red) akhirnya menemukan ide untuk menggunakan pertemuan Herman Melville dengan Thomas Nickerson yang sudah tua menjadi awal cerita. Setelah itu, kami lebih lancar menggarapnya,’’ kata Philbrik kepada South China Morning Post. Meski tetap mempertahankan keutuhan cerita, Howard menjelaskan bahwa dia membuat film terbarunya itu menjadi film action yang dibumbui drama agar tidak kaku.
Sayangnya, Hemsworth sebagai orang yang memperkenalkan skrip In the Heart of the Sea kepada Rowan sempat merasa takut dianggap pro terhadap perburuan paus. “Kami akhirnya membuat karakter paus menjadi fokus utama. Para manusia kami buat seperti villain di awal,” jelas Hemsworth kepada South China Morning Post.
Merasa hal itu tak cukup, Howard membikin karakter Chase berusaha menebus apa yang telah dilakukan (memburu ikan paus, Red) meski sosok Chase yang sebenarnya tak melakukannya. Misalnya, sebelum membunuh paus, Chase terlihat ragu karena iba terhadap si paus. Dalam kisah sebenarnya, Chase merasa ragu lantaran paus itu terlalu dekat dan bisa membahayakan dirinya. Selain itu, Chase yang sebenarnya tetap memburu paus digambarkan menjadi pedagang. (*/det)

Kisah Nyata yang Menginspirasi Moby-Dick

IN THE HEART OF THE SEA
Pemain: Chris Hemsworth, Benjamin Walker, Cillian Murphy, Tom Holland, Ben Whishaw, Brendan Gleeson
Produser: Brian Grazer, Ron Howard, Will Ward, Joe Roth, Paula Weinstein
Screenplay: Charles Leavitt
Story: Charles Leavitt, Rick Jaffa, Amanda Silver
Adaptasi: In the Heart of the Sea oleh Nathaniel Philbrick
Musik: Roque Baños
Sinematografer: Anthony Dod Mantle
Penyunting: Daniel P. Hanley, Mike Hill
Produksi: Village Roadshow Pictures, Roth Films, Imagine Entertainment
Distributor: Warner Bros. Pictures
Durasi: 122 menit
Rilis: 4 Desember 2015

 

 

Berita Terkait