Raih Kota Terbaik

Raih Kota Terbaik

  Jumat, 15 April 2016 09:20
PENGHARGAAN: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas RI Sofyan Djalil menyerahkan penghargaan kepada Wali Kota Singkawang.Istimewa

Kategori Budaya
di Goverment Award 2016

SINGKAWANG--Kota Singkawang terpilih sebagai kota terbaik kategori budaya dalam Goverment Award 2016. Penghargaan diserahkan oleh menteri perencanaan pembangunan nasional / kepala bappenas RI Sofyan Djalil di Puri Agung Ballroom Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta baru baru ini.

Wali Kota singkawang Awang Ishak mengatakan, penghargaan ini bukan semata mata penghargaan untuk walikota, tetapi penghargaan kepada seluruh komponen masyarakat di kota singkawang yang berperan aktif dalam pembangunan khususnya bidang pelestarian budaya. Sebagai kota destinasi wisata, awang berharap dengan adanya keberagaman budaya di kota singkawang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke singkawang. “Berbagai event budaya baik berskala lokal, nasional sampai internasional telah digelar antara lain naik dango, besurong saprah, lomba sumpit internasional, seni budaya melayu, karapan sapi dan perayaan cap go meh,”kata Awang. Selain itu, kata Awang, pada tahun 2013 cap go meh kota singkawang meraih Wonderfull Of World (WOW) dari menteri pariwisata RI. Semua ini tidak terlepas dari dukungan berbagai pihak baik jajaran pemerintah kota maupun masyarakat yang telah mendukung program pemerintah kota singkawang. “Kerja hebat, pasti kesingkawang" ujar awang penuh semangat.

Proses penilaian dilakukan sejak bulan juni 2015 sampai februari 2016. Tim penilai mengukur prestasi kepala daerah dari bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi kreatif, peduli lingkungan, investasi, layanan publik, pariwisata, budaya dan pembangunan kependudukan. Selain itu, juga dinilai tata kelola pemerintahan, kreativitas peningkatan PAD, ketahanan pangan, pertumbuhan ekonomi, UMKM dan koperasi, keterbukaan informasi publik serta tatakota/tata wilayah. (har)