Ragam Menu dari Timur Sampai Barat

Ragam Menu dari Timur Sampai Barat

  Kamis, 7 April 2016 09:14

Berita Terkait

Anda penggemar wisata kuliner? Tentu saja ada berbagai menu makanan dari berbagai negara yang patut Anda coba, baik dari timur maupun dari barat. Mulai dari olahan daging, seafood hingga sayuran. Dari yang direbus, dipanggang, hingga digoreng. Tentu saja akan memberikan sensasi rasa yang berbeda, melengkapi pengalaman wisata kuliner Anda. 

Oleh : Marsita Riandini

Ada beragam sajian menu spesial yang bisa Anda nikmati dari berbagai negara. Kali ini Tim For Her berkesempatan mencicipi menu yang bertemakan From East to West.  Dibenak Anda tentu sudah membayangkan beragam sajian makanan dengan variasi olahan pula. Makanan ini bisa dinikmati dari bulan April hingga Juni di Hotel Mercure Pontianak. 

Sajian pertama yang bisa dicoba adalah Yakisuki. Menu yang satu ini berasal dari negara Jepang.  Yakisuki merupakan singkatan dari dua jenis makanan yang berbeda, dengan proses pengolahan yang berbeda pula. “Yakisuki itu singkatan dari Yakiniku dengan Sukiyaki. Yakiniku lebih banyak dinikmati dengan cara di grill, sementara Sukiyaki itu dinikmati dengan cara direbus. Meskipun sebenarnya bergantung selera masing-masing orang,” ucap Chef Adang Eko, Chef Hotel Mercure Pontianak. 

Bagi penyuka masakan berkuah, Sukiyaki bisa menjadi pilihan. Terdiri dari irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran, dan tahu, juga mie di dalam panci besi yang dimasak di atas meja makan dengan cara direbus. Chef Adang Eko mengombinasikan lagi menu ini dengan menu masakan Chinnese dan Thailand. “Bumbunya ini tidak menggunakan bumbu Jepang, tetapi perpaduan menu Chinnese dan Thailand. Kuahnya ini terbuat dari kuah tomyam,” jelas dia yang mengatakan Yakiniku merupakan jenis masakan yang terdiri dari daging-dagingan, seafood, juga bakso. 

Pengunjung dipersilakan memanggang sendiri masakan tersebut. Alat pemanggang dan alat merebus sudah tersedia di meja pengunjung. Cocok dinikmati bersama keluarga maupun kekasih. Chef Adang Eko mempraktekkan cara memanggang dan merebus kedua masakannya ini. Mulanya dia mendidihkan air dan memanaskan alat pemanggang. Pada proses Sukiyaki, ketika kuah tomyam sudah mendidih, Chef Adang memasukkan mie, sayuran, ke dalamnya. Tak menunggu lama, kami pun disajikan semangkuk Sukiyaki dengan kuah tom yam. 

Sementara itu, untuk proses Yakiniku,Chef Adang mengambil seiris daging, cumi juga udang. Sembari dipanggang, daging dan seafood disiram sedikit dengan teriyaki. Tak butuh waktu lama pula, daging dan seafood diangkat dan disajikan ke dalam piring. “Untuk daging ini khan sudah diiris tipis, jadi kalau terlalu lama akan kering. Makanya proses kematangannya tidak boleh terlalu lama,” ucapnya yang menambahkan kondimen lain seperti bawang putih, cabe rawit, dan kecap asin. 

Kali ini kita beralih ke menu yang populer di banyak negara Eropa. Beef Schnitzel adalah hidangan potongan daging yang dipipihkan. Proses pengolahannya, daging dilapisi tepung roti lalu digoreng. Rasanya pun gurih dan renyah. “Ini asal muasalnya dari Austria, tetapi menyebar ke negara Eropa lainnya,” jelasnya. 

Menikmatinya bersamaan dengan nasi yang diolah dengan margarin. Nasinya pun terasa lebih gurih, dengan tekstur yang tidak keras juga tidak begitu lembut. Bagaimana dengan menu makan siang Anda hari ini? Silahkan mencoba. **

Berita Terkait