Radio Perbatasan Dipermudah

Radio Perbatasan Dipermudah

  Selasa, 8 December 2015 09:46
DIPERMUDAH: Siaran radio di perbatasan yang bakal dipermudah. ISTIMEWA

Berita Terkait

BAGI pemilik modal yang akan mendirikan Radio di Perbatasan, sekarang lah saatnya. Pasalnya, Balai Monitor (Balmon) Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Pontianak akan membantu sepenuhnya berbisnis di bidang tersebut.

Kepala Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Pontianak, Siti Hafsah Roy mengatakan jika pengusaha ingin mendirikan radio perbatasan di perbatasan di Kalimantan Barat, seperti di Aruk Kabupaten Sambas, Jasa (Sintang), Entikong (Sanggau),Jagoi Babang (Bengkayang), dan Badau (Kapuas Hulu). Akan diprioritaskan.

“Dipastikan, Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Pontianak, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI, akan membantu sepenuhnya radio perbatasan,” kata Roy, sapaan akrabnya saat berada di Singkawang. Mengapa?, dikatakan Roy, lantaran jika ada radio perbatasan akan lebih hidup. “Kita berangggapan, daerah perbatasan harus dihidupkan,”katanya.

Hal ini sejalan dengan Pemerintahan Jokowi yang konsentrasi di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia. Pihaknya, serta unsur telekomunikasi harus hadir didaerah terdepan dengan negara tetangga.“Bagaimana sebuah radio perbatasan itu, bisa siaran secara legal. Itu menjadi tugas Dirjen SDPPI. Sementara terkait kontennya merupakan kewenangan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Izin penggunaan frekuensi untuk radio perbatasan dipermudah. Persyaratan lengkap, 45 hari berikutnya sudah bisa siaran,” katanya.

Meski demikian, pihaknya berharap nantinya sebagai pengguna spektrum, harus memahami tentang pemanfaatan spektrum frekuensi radio, tata cara dan mekanisme proses pengurusan izin radio, pengoperasian perangkat radio komunikasi serta hak dan kewajiban. Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, dalam hal ini balai monitor spectrum frekuensi radio kelas II pontianak  berkomitmen juga selalu siap untuk membantu masyarakat dalam hal perizinan  penggunaan spektrum frekuensi radio, yaitu dengan menempatkan petugas customer service yang selalu siap membantu pemohon apabila mengalami kesulitan dalam hal pengajuan permohonan izin radio.(fah)

 

Berita Terkait