Rabies, Anggarkan Rp300 Juta

Rabies, Anggarkan Rp300 Juta

  Jumat, 19 February 2016 07:43
Abdul Manaf

Berita Terkait

KEPALA Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalbar, Abdul Manaf Mustafa mengatakan dana untuk program penanganan rabies dianggarkan Rp300 juta pada tahun ini. Ia optimis status Kejadian Luar Biasa (KLB) segera dicabut.

“Saya optimis status KLB dicabut,” ujar Manaf, kemarin.Manaf mengatakan rabies seperti api dalam sekam. Vaksinasi harus dilakukan terus menerus agar tak muncul kasus rabies lagi, seperti di Bali dan Kalimantan Tengah yang terjadi berulang. Penanganan rabies harus dilaksanakan terprogram.

Menurut Manaf, dana sebesar Rp300 juta yang dianggarkan tahun ini untuk vaksinasi, penyuluhan, dan pemeriksaan antibodi.“Saat ini masih tersisa waktu hingga Juni (berkenaan dengan status KLB). Tetapi kami lihat perkembangan di lapangan sudah terkendali. Juni dievaluasi lagi,” ungkap Manaf.Berkenaan dengan status Kalbar bebas rabies, Manaf menjelaskan pemerintah pusat mengatakan Kalbar hanya tertular saja. Kasus rabies yang terjadi di Kalbar tak berpengaruh terhadap status tersebut. (uni)

 

Berita Terkait