Puskesmas Selakau Raih Sertifikasi ISO 9001-2008

Puskesmas Selakau Raih Sertifikasi ISO 9001-2008

  Kamis, 17 December 2015 08:21
PENYERAHAN SERTIFIKAT: Perwakilan SAI Global Mr Mangisi (kanan) menyerahkan sertifikat ISO 9001-2008 untuk Puskesmas Selakau kepada Wakil Bupati Sambas Dr Pabali Musa, pada 1 Desember lalu. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SELAKAU – Mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Sambas patut diacungi jempol. Hal ini dibuktikan oleh Puskesmas Selakau, di mana unit layanan medis paling dekat dengan masyarakat ini mampu membanggakan Sambas. Mereka berhasil meraih sertifikasi ISO 9001-2008 dari Badan Sertifikasi Internasional SAI Global pada 1 Desember lalu.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Mr Mangisi dari SAI Global kepada Wakil Bupati Sambas Dr Pabali Musa, dengan disaksikan Konsultan ISO Siti Mukmini Phd, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, beserta jajaran SKPD lainnya dan para undangan.

Kepala Puskesmas Selakau, dr Yana Sumartana, dalam sambutannya mengungkapkan bagaimana untuk meraih sertifikat ISO 9001-2008 tersebut dilakukan mereka dengan penuh perjuangan. “Kegiatan pelatihan kami mulai sejak tahun 2013 sampai dengan tahun 2015. Itu memerlukan komitmen dan kerja keras oleh berbagai pihak, terutama seluruh staf Puskesmas Selakau dan jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas,” ungkapnya.

Yana berharap dengan diakui oleh ISO 9001-2008, puskesmas yang dipimpinnya ini akan semakin baik. Keberadaan mereka juga diharapkan dia dapat terus berkelanjutan menjamin mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Sambas, khususnya di wilayah layanan kesehatan mereka, Selakau.

Dalam kesempatan yang sama tersebut, Dr Pabali Musa, wakil Bupati (Wabup) Sambas mengatakan dengan tingkat pendidikan dan keadaan sosial dalam masyarakat yang kian meningkat, maka meningkat pula kesadaran akan arti hidup sehat. Keadaaan tersebut, diakui dia, menyebabkan tuntutan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang bermutu, nyaman, dan berorientasi pada kepuasan konsumen, semakin mendesak. “Diperlukan kinerja pelayanan yang tinggi,” kata Wabup menyampaikan amanah tertulis Bupati.

Sementara itu, dr I Ketut Sukarja, kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Sambas dalam sambutannya mengatakan jika puskesmas adalah ujung tombak pemerintah dalam bidang pelayanan kesehatan kepada warga. “Puskesmas merupakan aset penting pemerintah sebagai ujung tombak, karena dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 dijelaskan bahwa puskesmas adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan kabupaten atau kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kerja,” ujar dia.

Sebagai informasi, disebutkan dia pada tahun ini baru Puskesmas Selakau yang dipersiapkan sertifikat ISO oleh Badan Sertifikasi Internasional. Berdasarkan data mereka, terdapat 27 puskesmas dan 89 pustu yang tersebar merata di berbagai kecamatan di Kabupaten Sambas. Saat ini, diakui dia, baru satu yang sudah mengantongi sertifikat ISO, yaitu Puskesmas Selakau. “Beberapa Puskesmas lainnya ditargetakan untuk diakreditasi juga,” timpal dia. (har)

Berita Terkait