Pusat Bantu Backhoe Loader

Pusat Bantu Backhoe Loader

  Senin, 4 December 2017 10:00

Berita Terkait

SANGGAU – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sanggau mendapat bantuan alat berat Backhoe Loader dari pemerintah pusat. Bantuan tersebut sebagai bentuk komitmen membantu ketahanan pangan di Kabupaten Sanggau. Pada Minggu (3/12) kemarin, alat berat tersebut telah berada di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan.

Kabupaten Sanggau telah berhasil mewujudkan surplus beras. Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian Republik Indonesia memberikan apresiasi dengan mengirim bantuan alat berat tersebut.

 “Tadi pagi (alat beratnya) sampai disini. Rencananya alat ini akan digunakan untuk membuat parit-parit sawah,” ujar John Hendri selaku Kepala Dinas Hanpang-Hortikan, kemarin.

Alat berat tersebut akan dikelola oleh Dinas Hangpang-Holtikan Kabupaten Sanggau. Jika ada kelompok tani yang membutuhkan akan dikirimkan untuk membantu mereka misalnya untuk melakukan perbaikan sawah dan sebagainya.

 “Saya, atas nama pemerimtah daerah menyampaikan terima kasih atas bantuan ini dan juga diberi kepercayaan untuk mengelola alat pertanian ini. Ini bukti bahwa pemerintah pusat percaya dengan kita. Tentu kepercayaan ini harus diapresiasi,” katanya.

Sebagai informasi, alat berat Backhoe Loader selain berfungsi untuk menggali, penggunaannya hampir sama dengan wheel loader, dimana landasan kerjanya relatif rata, kering dan kokoh.

Dipergunakan, terutama, apabila pada pengoperasiannya dituntut mobilisasi yang tinggi agar tidak merusak landasan kerja serta tidak diperlukan traksi yang tinggi. Fungsi excavator dengan bucket yang kecil sesuai untuk pekerjaan pada pemeliharaan saluran pada jalan raya, penggalian pada pekerjaan utilitas, serta untuk menggali parit-parit saluran air atau pipa.

Dengan penggantian kelengkapan tambahan (attachment), alat ini dapat juga dipakai untuk memecah batu, mencabut tunggul, membongkar aspalan. Dengan demikian memungkinkan alat ini bekerja ditempat yang relatif sempit sekalipun.

Fungsi utamanya adalah untuk memuat material ke dalam alat pengangkut dimana hampir sama dengan dozer shovel untuk mengangkut dari stock pile ke atas dump truck, mengisi hopper pada AMP, Batching plant dan Crushing Plant. (sgg dan sumber lain)

Berita Terkait