Puluhan Sopir Tes Urine

Puluhan Sopir Tes Urine

  Sabtu, 25 June 2016 10:39
PERIKSA URINE: Petugas BNN ketika memeriksa urine puluhan supir di Pos Polantas Sungai Pinyuh. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH - Memberikan rasa keamanan bagi pengguna angkutan umum, Satuan Lalu Lintas Polres Mempawah bekerjasama dengan Dishubbudpar, BNN dan Polisi Militer melaksanakan tes urine. Sebanyak 23 orang supir di tes urine oleh petugas BNN, Jumat (24/6) pagi di Terminal Bus Sungai Pinyuh.

Aksi tes urine yang dilakukan secara mendadak itu tampak cukup mengagetkan sejumlah supir di Terminal Bus Sungai Pinyuh. Secara acak, petugas memberhentikan kendaraan angkutan umum yang melintas diwilayah itu. Mulai dari bus, taxi, mobil angkutan ekspedisi dan kendaraan angkutan umum lainnya.

Sebanyak 23supir berhasil dikumpulkan petugas. Mereka kemudian didata dan menjalani tes urine. Satu persatu supir menyerahkan urine miliknya untuk diteliti dan diperiksa petugas BNN. Alhasil, petugas mendapatkan satu urine yang memiliki kandungan zat yang masuk dalam kategori narkotika.

Petugas pun melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap supir mobil box yang juga warga Kota Pontianak itu. Hingga berita ini diturunkan, petugas BNN dan Satuan Narkoba Polres Mempawah masih melakukan pemeriksaan lanjutan terhadap supir tersebut. Diduga, zat yang masuk dalam kandungan narkotika itu dikonsumsinya melalui obat dokter.

 “Untuk satu orang supir yang hasil tes urine nya ditemukan kandungan zat yang terdapat dalam narkotika, masih diperiksa oleh petugas Sat Narkoba. Apakah zat itu berasal dari obat dokter atau lainnya, masih diselidiki lebih lanjut,” terang Kapolres Mempawah, AKBP Dedi Agustono, S.IK, melalui Kasat Lantas, AKP Tri Budianto, SH.

Kasat menjelaskan, tes urine terhadap supir angkutan umum yang dilaksanakan jajarannya bertujuan untuk memastikan tidak ada supir yang mengkonsumsi barang haram tersebut. Apalagi, para pengguna narkotika tidak hanya membahayakan keselamatan diri sendiri melainkan juga para penumpang dan pengguna jalan lainnya.

 “Tes ini dalam rangka persiapan menjelang arus mudik maupun balik lebaran 2016 yang sebentar lagi akan berlangsung. Sekaligus kita ingin memberikan jaminan keselamatan kepada para penumpang maupun mencegah terjadinya kecelakaan akibat penyalahgunaan narkotika,” tegas Tri Budianto.

Dalam kegiatan itu, Kasat Lantas menyebut pihaknya tidak bekerja sendirian. Melainkan bekerjasama dengan BNN Kabupaten Mempawah dan pihak  terkait lain seperti Dishubbudpar maupun PM Sungai Pinyuh.

 “Untuk pelaksaan tes maupun penyediaan test pack-nya dari BNN. Jika ditemukan ada pengguna, maka akan lakukan penggeledahan terhadap kendaraan yang ditumpanginya. Jika ditemukan narkoba maka diproses hukum, atau bisa saja menjalani rehabilisasi dari BNN,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala BNN Mempawah, AKBP H Abdul Haris Daulay, SH, melalui Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Murni, SH, mengharapkan pelaksanaan tes urine terhadap 30 sopir itu bisa memberikan rasa aman bagi para penumpang kendaraan umum yang nantinya akan melaksanakan mudik lebaran.

 “Pemeriksaan urine terhadap para supir angkutan umum sangat penting. Mengingat, para supir ini bertanggungjawab terhadap keselamatan para penumpangnya. Makanya, kita harus pastikan supir angkutan umum dalam keadaan sehat dan normal tanpa pengaruh narkotika,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait