PT WHW Gelar Pelatihan Kader Posyandu

PT WHW Gelar Pelatihan Kader Posyandu

  Kamis, 27 April 2017 13:59
/KADER POSYANDU: Suasana Pelatihan Kader Posyandu yang digelar PT Well Harvest Winning dengan diikuti 37 peserta dari enam dusun di Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang. ISTIMEWA

Berita Terkait

Disambut Antusiasme Warga, Berharap Berkelanjutan

PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW AR) terus mengambil bagian di masyarakat sekitar mereka. Melalui Departemen Corporate Social Resonsibility (CSR), perusahaan tersebut menggelar pelatihan kader Posyandu tingkat Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang. 

Kegiatan yang digelar di ruang pertemuan PT WHW AR itu, diikuti 37  peserta dari enam dusun yang ada di Desa Mekar Utama. Superintendent CSR PT WHW AR, Indah Muljani, mengucapkan terima kasih kepada kader dan calon kader yang bersedia mengikuti kegiatan ini. Diakui dia jika kader Posyandu merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan ibu dan anak. 

Ia mengungkapkan, setelah pelatihan ini, ada beberapa kegiatan Posyandu yang akan didampingi oleh Departemen CSR, terutama untuk Dusun Sukaria dan Kelukup Belantak. Sementara untuk dusun lainnya, mereka tidak dapat mendampingi, meskipun akan tetap bekerja sama dengan para bidan. "Di dusun-dusun lainnya Posyandu sudah berjalan, sedangkan di Kelukup Belantak dan Sukaria dulu pernah berjalan, tapi sekarang berhenti. Nah ini ingin kita hidupkan kembali," janji Indah. 

Dia berharap pelatihan ini hasilnya akan bermanfaat bagi posyandu masing-masing. "Pelatihan ini sekaligus merupakan bentuk partisipasi PT. WHW bagi pembangunan SDM di wilayah Desa sekitar pabrik," katanya.

PT WHW AR adalah perusahaan penghasil Smelter Grade Alumina (SGA) yang beroperasi di Kabupaten Ketapang. Merupakan joint venture dari PT Cita Mineral Investindo Tbk (30 persen), China Hongqiao Group Limited (56 persen), Winning Investment (HK) Company Limited (9 persen), dan Shandong Weiqiao Aluminum & Electircity Co Ltd (5 persen). 

Asep Jauhari, pimpinan External Relation PT WHW menegaskan jika mereka ingin memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat. Ia menyadari kontribusi tersebut belum cukup signifikan. Mereka akan terus berusaha meningkatkan, baik program juga kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi warga masyarakat. "Saya berharap kerja sama yang baik, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar pabrik PT WHW," kata Asep.

Asep juga berharap masyarakat sekitar mendukung kinerja mereka, sehingga bisa berjalan dengan baik dan tidak banyak hambatan. "Sehingga produktivitas kita bagus, agar lebih banyak hal yang bisa kita berikan kepada masyarakat. Pelatihan ini kita harapkan akan berlangsung dengan baik dan semoga dapat diikuti dengan kegiatan-kegiatan yang lain, dalam rangka partsipasi PT WHW," katanya. 

Sementara itu, perangkat Desa Mekar Utama, Halimah, mewakili kepala desanya, menyatakan dukungan adanya pelatihan posyandu ini.  Ia berharap pelatihan ini akan terus berjalan dan dilakukan secara berkelanjutan. "Kami mohon kepada PT WHW  jangan sampai pelatihan ini putus di tengah jalan, tetapi terus secara berkelanjutan," katanya. 

Sedangkan dokter puskesmas sekaligus Tim Pokja PKK yang membidangi Posyandu tingkat Kecamatan Kendawangan, dr Eny Marlina, menyatakan  bersyukur dan sangat mendukung kegiatan ini. Menurutnya, pelatihan ini menjadi pendorong semangat bagi semua masyarakat. Karena, diakui dia, tujuan utama Posyandu adalah untuk kesehatan ibu dan anak, mendukung penurunan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) yang secara nasional masih sama dari tahun ke tahun, di mana Indonesia nilainya masih ‘merah.’

"Jadi harapan saya, desa selalu support. Karena nanti dalam penilaian lomba desa, Posyandu memang menjadi peran utama. Sedangkan untuk Puskesmas hanya pelaksana teknis saja. Dalam pelaksanaan Posyandu, tenaga medis ada di meja terakhir. Jadi pemberdayaan yang diperlukan di sini," katanya. (*)

Berita Terkait