PT AAN Bagikan SHU untuk Dua Koperasi

PT AAN Bagikan SHU untuk Dua Koperasi

  Senin, 4 July 2016 10:07
SERAH SHU: General Manager Kubu Raya-1 PT AMS Group, Sri Sampurno, secara simbolis menyerahkan SHU bagi Koperasi Karya Mandiri Terpadu dan Koperasi Mitra Raya Desa Mekar Sari. ASHRI ISNAINI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUNGAI RAYA – PT Agro Alam Nusantara (AAN) yang merupakan bagian dari PT AMS Group, Sabtu (2/7), menyerahkan Sisa Hasil Usaha (SHU) bagi Koperasi Karya Mandiri Terpadu. Penyerahan berlangsung di Desa Kuala Dua dan Koperasi Mitra Raya di Desa Mekar Sari.

“Sejak pertama kali dibangun, ini SHU pertama yang kami berikan. Diharapkan dengan SHU tersebut bisa dimanfaatkan anggota koperasi untuk memenuhi dan meningkatkan taraf kesejahtraan setiap anggota koperasi dan masyarakat sekitar koperasi,” kata general Manager (GM) Kubu Raya-1 PT AMS Group, Sri Sampurno. Besaran SHU yang diberikan bagi Koperasi Karya Mandiri terpadu tersebut sebesar Rp58.674.595, sedangkan besaran koperasi yang diberikan bagi Koeprasi Mitra Raya sebesar Rp55.753.894.

Dari luasan lahan kebun di Koperasi Karya Mandiri sekitar 183 hektare, menurut dia, saat ini yang telah dipanen sekitar 40 hektare. Sedangkan  dari luasan lahan kebun di Koperasi Mitra Raya, dia menambahkan, sekitar 176 hektare saat ini yang sudah dipanen seluas 70 hektare.

Selain menyerahkan SHU dan sejumlah hak milik anggota koperasi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan, Sampurno mengungkapkan bagaimana pihak perusahaan berupaya memfasilitasi koperasi, untuk mendapatkan akses permodalan dari pihak perbankan. “Karena sudah kami fasilitasi, nantinya anggota koperasi diupayakan akan lebih mudah dalam mengajukan akses modal ke lembaga keuangan, seperti pihak perbankan untuk mengembangkan usaha atau kegiatan apa saja  yang bisa memicu peningkatkan kesejahtraan anggota dan koperasi,” kata Sampurno.

Para pengurus koperasi juga diharapkan dia bisa lebih jeli, untuk memberdayakan potensi apa saja yang bisa dikembangkan dalam menunjang peningkatkan kesejahtaraan para anggotanya. Ke depan, Sampurno menyatakan bahwa mereka akan terus berkelanjutan membagikan SHU yang sudah selayaknya menjadi hak anggota koperasi dengan bagi hasil 60:40. Semula, dia menambahkan, pihak perusahaan akan membagikan SHU pada Januari 2016 lalu. Namun, diakui dia, kala itu sedang terjadi pergantian pengurus membuat anggota koperasi sepakat, jika SHU diberikan setelah kepengurusan baru terbentuk. 

Perwakilan Koperasi Mitra Raya, Ahmad, mengucapkan terima kasih bagi PT AAN yang telah membagikan SHU bagi para anggota koperasi Mitra Raya. “Ke depan kami akan berupaya agar kemitraan dengan pihak perusahaan ini bisa terus ditingkatkan. Kami juga berharap nantinya SHU yang kami dapatkan bisa lebih bayak lagi seiring dengan bertambahnya luasan lahan yang dipanen,” ucapnya.  

Hal senada juga dikatakan ketua Koperasi Koperasi Karya Mandiri Terpadu, Nanang Fajri Mahmud, yang menginginkan, agar nantinya lebih banyak SHU yang didapat koperasinya. “Salah satu cara yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan SHU yakni dengan turut mengupayakan agar hasil kebun bisa lebih banyak dan berkualitas,” ucapnya.

Selain itu Nanang juga menginginkan agar setiap anggotanya bisa lebih jeli dalam memberdayakan potensi alam yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Saat ini pihak perusahaan sudah berupaya memfasilitasi untuk mempermudah masyarakat dalam mendapatkan akses modal ke pihak perbankan, saya harap ini bisa dimanfaatkan masyarakat terutama anggota koperasi, dalam mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha atau potensi alam yang bisa dikembangkan di sekitar lingkungan tempat tinggal masing-masing,” pungkasnya. (ash)  

Berita Terkait