PSV Eindhoven vs Atletico Madrid , Sepak Bola El Cholo Lebih Bertenaga

PSV Eindhoven vs Atletico Madrid , Sepak Bola El Cholo Lebih Bertenaga

  Rabu, 24 February 2016 08:38
Koka. Foto dari Jawa Pos

Berita Terkait

EINDHOVEN – Atletico Madrid di tangan Diego Simeone menjelma sebagai antitesis sepak bola Spanyol yang diperagakan Barcelona dan Real Madrid saat ini. Los Rojiblancos, julukan Atletico Madrid, bukanlah sekumpulan pemain yang gemar pamer kemampuan bermain bola dengan teknik tinggi.

Justru karena antitesis kekuatan sepak bola Spanyol saat ini tersebut Atletico harus diwaspadai. Termasuk oleh PSV Eindhoven yang akan menjadi lawannya di leg pertama 16 besar Liga Champions. PSV akan menjamu Gabi dkk di Phillips Stadium dini hari nanti (25/2).Pelatih PSV Phillip Cocu kemarin (23/2) seperti diberitakan Four Four Two menyatakan Simeone dan Atletico sebagai favorit memenangi Liga Champions musim ini. Wajah sepak bola Atletico adalah perwujudan dari sepak bola fisik dan bertenaga.

Bersama Simeone, Atletico meraih gelar La Liga, Copa del Rey, dan Europa League. Dengan rentetan gelar yang dicapai El Cholo, julukan Simeone, Cocu mau tak mau harus angkat topi buat Simeone.“Atletico memberikan contoh yang baik bagi seluruh klub di dunia. Simeone berhasil mentransformasikan karakter dirinya ke dalam tim yang dilatihnya,” ucap pria berusia 45 tahun itu.

Cocu pastinya paham betul siapa dan bagaimana tingkah El Cholo di lapangan. Pada Piala Dunia 1998, di babak perempat final Cocu yang membela Belanda menang 2-1 atas Argentina yang saat itu dikapteni oleh Simeone.Di Piala Dunia 1998 itu Argentina memainkan sepak bola pragmatis. Di tangan Daniel Passarella saat itu, Argentina tak peduli dicap sebagai pengkhianat sepak bola Amerika Latin yang sarat teknik tinggi itu.

“Atletico adalah sekumpulan pemain yang menonjol sebagai satu kesatuan. Bukan malah menonjol pada satu individu yang kemudian menjadi bagian terkuat tim itu,” tambah Cocu.Buat menghentikan permainan Atletico yang bertenaga itu Cocu meminta lini tengah PSV tak lembek. Pemain yang didapatkan musim dingin ini dari Chelsea, Marco Van Ginkel akan memimpin garis tengah PSV.PSV kehilangan penyerang Luuk De Jong karena akumulasi kartu merah. Sedang gelandang Andres Guardado masih diragukan fit menuju laga ini. Nama terakhir yang absen adalah Maxime Lestienne karena cedera.

Motor serangan Atletico yang harus distop Cocu adalah Gabi dan Koke. Kedua pemain ini sudah berkontribusi 12 assist dan empat gol buat Atletico di semua ajang kompetisi.Sedang Simeone terlihat rileks meski harus menjalani laga tandang lebih dahulu di babak 16 besar Liga Champions ini. Bagi pria berusia 45 tahun itu tak penting memikirkan mereka bermain dimana lebih dahulu.Empat pemain Atletico Madrid absen pada laga ini. Yakni Tiago, Augusto Fernandez, Thomas Partney, dan Yannick Carrasco. Keempatnya menepi karena cedera.“Atletico siap berkompetisi di ajang apapun. Jika kami menyongsong setiap laga dengan keyakinan untuk menang, itu menjadi capaian yang penting buat kami,” kata mantan pelatih River Plate tersebut. (dra)

Berita Terkait