PSG Dominasi Ligue 1 Lagi, Premier League Milik City

PSG Dominasi Ligue 1 Lagi, Premier League Milik City

  Selasa, 17 April 2018 11:00

Berita Terkait

PARIS – Investasi mahal Paris Saint-Germain (PSG) dan Manchester City musim ini akhirnya terbayar juga. Kemarin WIB (16/4), PSG dan City sama-sama memastikan gelar juaranya pada liga domestik. PSG mengembalikan dominasinya lagi di Ligue 1. Sementara, City meraih gelar juara Premier League ketiganya. 

Uniknya baik PSG ataupun City sama-sama berpesta setelah memenangi persaingannya dengan rival beratnya. PSG malah menandainya dengan penuh gaya setelah mencatat victorie-nya yang terbesar di Ligue 1 selama bersaing dengan AS Monaco. Di Parc des Princes, Paris, 7-1 jadi penentu sukses Les Rouge et Bleu, Senin dini hari kemarin WIB (16/4). 

PSG berpesta dengan brace Giovani Lo Celco (15' dan 27') dan Angel Di Maria (19' dan 58') lalu gol dari Edinson Cavani (17'), Julian Draxler (86') plus gol bunuh diri Radamel Falcao (76'). Gol balasan Rony Lopes pada menit 38 tak berarti apapun. Manisnya, pesta besar itu bisa mereka lakukan di depan Monaco yang memutus dominasi PSG di Ligue 1 musim lalu. 

Kudeta itu berhasil setelah investasi EUR 238 juta (Rp 4,05 triliun) musim ini. Termasuk menjadikan Neymar pemain termahal dunia senilai EUR 222 juta (Rp 3,78 triliun). Nah, musim ini sebelum cedera metatarsal kelimanya 26 Februari, nyaris mendominasi permainan PSG. Dia menyumbang 20 gol dan 15 assist. 

Catat, ini investasi terbesar Qatar Sports Investment sejak mengakusisi PSG, 2011. ''Apa yang kami lakukan ini demi target besar di Liga Champions. Tetapi, kami sudah bangga dengan gelar juara ketujuh, kelima selama saya di sini,'' sebut CEO PSG Nasser Al Khelaifi, dalam sesi wawancaranya dengan Canal+. 

Sayang, di Liga Champions capaian Thiago Silva dkk kembali tak bisa lepas dari fase 16 Besar. ''Masih banyak hal positif yang kami dapatkan musim ini,'' klaim Al Khelaifi. Di balik 7-1-nya kemarin, PSG mencatat rekor unbeaten 40 laga home di Ligue 1, rekor klub. Cavani juga demikian, dia sudah menyamai rekor gol Zlatan Ibrahimovic di PSG, 113 gol. 

Begitu dominannya PSG entraineur Unai Emery bahkan menganggap bersama siapapun nahkodanya, susah menggoyang dominasi PSG di Ligue 1. ''Dengan atau tanpa saya, PSG tetap akan berkembang,'' ungkap Emery, dikutip Goal. Emery sedang ramai disebut bakal kehilangan jabatannya musim panas nanti. 

City lebih gila. Syekh Mansour bin Zayed Al Nahyan lewat City Football Group (CFG)-nya sampai menginvestasikan uangnya sampai EUR 743,7 juta (Rp 12,6 triliun) demi memutus paceklik juara Premier League tiga musim terakhir. Dengan EUR 528,8 juta (Rp 9 triliun) uang di antaranya dikeluarkan demi memodali Pep Guardiola jadi pelatih Spanyol pertama yang bisa meraih trofi Premier League. Itu total belanja City dua musim terakhir. 

Syeikh Mansour, dilansir Tribal Football, langsung menelepon Pep yang asyik main golf kemarin dari Abu Dhabi. ''Memenangi Premier League kehormatan tersendiri untuknya (Syeikh Mansour),'' ucap CEO City, Ferran Soriano. Beda dengan PSG yang menentukan gelar juaranya setelah menggasak Monaco, City berpesta setelah Manchester United dipermalukan West Brom 0-1 di Old Trafford, Manchester, Minggu malam WIB. Gap 16 poin dari lima pekan terakhirnya takkan bisa dijangkau United. 

Meski lebih besar investasinya ada kesamaan di balik sukses City dan PSG. Dua klub ini sama-sama juara pada pekan ke-33. City dan PSG jadi dua klub paling ganas di dalam lima liga elite Eropa. City dengan 93 gol di posisi dua, dan PSG 100 gol paling ganas. Gol agregat kedua klub ini pun termasuk tertinggi di Eropa. PSG dengan surplus 80, dan City surplus 68. (ren)
 

Berita Terkait