Program Nelayan dan Pipanisasi Antarkan SBBL Raih DMI

Program Nelayan dan Pipanisasi Antarkan SBBL Raih DMI

  Selasa, 8 December 2015 09:10
PENGHARGAAN Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Marwan Jafar menyerahkan penghargaan DMI kepada Kades SBBL, Iwan Supardi. Istimewa

Berita Terkait

MEMPAWAH- Keseriusan Kepala Desa Sungai Bakau Besar Laut (SBBL), Iwan Supardi membangun daerahnya berbuah manis. Pemerintah pusat melalui Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI menganugerahkan penghargaan Desa Membangun Indonesia (DMI). Untuk kategori desa, SBBL merupakan satu-satunya daerah di Provinsi Kalimantan Barat yang berhak mendapatkan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, Marwan Jafar di Gedung Econvention Ecopark Ancol, Jakarta, pekan lalu.

“Alhamdulillah, Desa SBBL dinilai pemerintah pusat sebagai salah satu desa terbaik di Indonesia dalam rangka penguatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Sama sekali tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan ini,” aku Iwan Supardi kepada wartawan, Senin (7/12) siang.

Iwan menerangkan, tim penilai dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI melakukan peninjauan di Desa SBBL Kecamatan Sungai Pinyuh pada Oktober lalu. Dalam kesempatan itu, Iwan menyebut dirinya secara transparan menerangkan upaya-upaya dan strategis program pembangunan yang dilaksanakannya.

“Satu persatu hasil pembagunan yang kita realisasikan dengan menggunakan dana desa, Pemerintah Kabupaten Mempawah maupun Pemprov Kalbar ditunjukan kepada tim penilai. Mereka pun tampak puas melihat hasilnya dilapangan,” pendapat Iwan.

Bahkan, menurut Iwan, ada dua program strategis yang cukup menarik perhatian dari tim penilai. Yakni pengelolaan dana desa yang dialokasikannya untuk program nelayan dan pipanisasi air bersih bagi masyarakat Desa SBBL. Kedua program ini dinilai sangat tepat dan berhasil diaplikasikan dilingkungan masyarakat Desa SBBL.

“Untuk dananya, program nelayan dari Pemerintah Kabupaten Mempawah, sedangkan program pipanisasi didapat dari bantuan Pemprov Kalbar,” paparnya.Kedepan, Iwan mengaku dirinya beserta perangkat desa lain akan terus berupaya memajukan dan mengembangkan Desa SBBL disegala sector kehidupan masyarakat. Baik pembangunan infrastruktur, ekonomi, social dan lainnya.“Terimakasih kepada seluruh element masyarakat Desa SBBL yang telah berperan aktif dalam mendukung pembangunan desa. Hingga seluruh program pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Terimakasih juga kepada Pemerintah Kabupaten Mempawah dan Pemprov yang telah mendukung anggaran untuk desa kami,” tukasnya.(wah)

Berita Terkait