Pro Kontra Taman Kaliasin

Pro Kontra Taman Kaliasin

  Sabtu, 20 Agustus 2016 10:13
SOSIALISASI: Sekda Kota Singkawang Syech Bandar berserta anggota DPRD Kota Singkawang menggelar sosialisasi pembangunan taman bersama warga Kaliasin, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

Berita Terkait

SINGKAWANG—Sejumlah masyarakat mengikuti sosialisasi rencana pembangunan taman yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Singkawang di Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang.

Pada pertemuan, Kamis malam (18/8) tersebut hadir sejumlah perwakilan tokoh masyarakat, pemilik lahan, TNI-Polri, anggota DPRD Kota Singkawang dan Sekda Kota Singkawang beserta jajarannya.

Pembahasan rencana pembangunan taman ini, berlangsung alot dikarenakan ada pro kontra antara pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan masyarakat  yang berada di lingkungan sekitar.

Dikarenakan sosialisasi rencana pembangunan taman bersifat mendadak. Anggaran pembangunan taman sudah dipersiapkan melalui APBN 2016, tetapi banyak masyarakat belum mengetahui akan adanya rancangan pembangunan taman di Kaliasin, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

“Kami menyetujui adanya program pembangunan taman di Kaliasin, asalkan sesuai dengan prosedur dan aturan yang ada. Jangan sampai dengan adanya pembangunan taman, masyarakat sekitar merasa dirugikan,” ucap Warga Kaliasin, Wendy, kepada media ini.

Wendy mengatakan pembangunan taman di Kaliasin sangat baik untuk menciptakan keindahan ruang tata Kota Singkawang. Namun akan lebih baik lagi persoalan yang ada di Kaliasin cepat dituntaskan. Terutama galian C Kaliasin hingga sekarang masih belum jelas keputusan dari Pemerintah Kota Singkawang.

Ia menyanggupi adanya pembangunan taman di Kaliasin. Namun pada prinsipnya pemerintah daerah harus bisa meyakinkan seluruh masyarakat.

“Hal yang paling penting masyarakat Kaliasin semua setuju. Jangan sampai ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Ini akan menimbulkan konfik terhadap masyarakat sekitar,” ungkap Wendy yang juga sebagai tokoh masyarakat Kaliasin, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan.

Sekretaris Daerah Kota Singkawang Syech Bandar menambahkan pihak pemerintah pada dasarnya menginginkan pembangunan taman bisa berada di Kaliasin dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat Kelurahan Sedau di Kecamatan Singkawang Selatan.

“Anggaran pembangunan taman sudah tersedia. Jika pembangunan taman di Kaliasin tidak terlaksana mau dipindahkan kemana. Jadi kami datang ke sini melakukan sosialisasi meminta kepastian dari masyarakat Kaliasin terkait rancangan pembangunan taman,”  paparnya.

Dia menyampaikan apabila belum ada keputusan dari masyarakat Kaliasin terkait tempat pembangunan taman. Diharapkan perwakilan masyarakat Kaliasin yang dipercaya untuk menemui dan membicarakan langsung dengan Walikota Singkawang.

Sekda  mengungkapkan setelah pertemuan sosialisasi ini dilakukan akan ada pertemuan lanjutan. Yakni pada saat pertemuan berikutnya dengan Walikota Singkawang diharapkan perwakilan masyarakat dapat memberikan kepastian terhadap rencana pembangunan taman yang akan dilakukan pemerintah di Kaliasin.

“Pembangunan taman Kaliasin bisa kita bicarakan baik-baik secara musyawarah. Karena ini demi keindahan penatataan Kota Singkawang ke depan. Apalagi Kota Singkawang adalah salah satu kota pariwisata yang sudah terkenal secara nasional dan bahkan sampai ke manca negara,” kata Syech Bandar selaku orang nomor tiga di pemerintahan Kota Singkawang. (irn)

Berita Terkait