Pro Active Policing; Membangun Jaringan, Membina Komunitas

Pro Active Policing; Membangun Jaringan, Membina Komunitas

  Jumat, 25 March 2016 16:18
HAJI MABRUR: Dirbinmas Polda Kalbar Kombes Suhadi SW saat menghadiri Musyawarah Wilayah VI Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Wilayah Kalbar di Masjid Mujahidin.

Berita Terkait

PONTIANAK--Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto punya program pro active policing. Kegiatan ini mendekatkan polisi dengan masyarakat. Berbagai upaya dilakukan  oleh perorangan maupun institusional. Salah satunya melalui kegiatan olahraga dan mewakili institusioral.
Banyak manfaat yang bisa dipetik dalam olah raga, disamping untuk menjaga agar badan tetap sehat, juga sekaligus bisa dimanfaatkan untuk membangun komunikasi, menjaga silatutahmi antar sesama, membangun jaringan informasi dan membina komunitas interes atau hobi.

Dirbinmas Polda Kalbar Kombes Suhadi SW mengungkapkan program ini juga sejalan dengan program Kapolri dibidang Perpolisian Masyarakat (Polmas ), utamanya pendekatan interes atau  hoby.
Karena dilokasi olah raga tersebut tentunya berbagai komunitas akan berbaur, mulai dari komumitas etnis, profesi, hobby, gender, komunitas olah raga. Dijelaskan Suhadi banyak manfaat yang bisa diraih dalam berolah raga, disamping kesehatan, melalui olah raga, dapat diperoleh informaai baru yabg sebelumnya tidak kita ketahui. “Bahkan melalui olah raga, bisa terbangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri,” kata pria yang suka bersepada dan lari pagi ini.
Apalagi, lanjutnya, masyarakat semakin kritis dan semakin meningkat kesadaran hukumnya. Legitimasi sangat diperlukan dalam penegakan hukum disamping  legalitas. sebagaimana yang selama ini ditunjukkan oleh KPK. Dimana mereka dalam waktu yang relatif muda usia sudah mendapat legitimasi  atau pengakuan masyarakat.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membangun legitimasi, disamping melalui kegiatan pribadi juga melalui instansional seperti menghadiri acara di masyarakat dengan menggunakan pakaian dinas.
Jumat (25/3) sore, Masjid Mujahidin sedang berlangsung Musyawarah Wilayah VI Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Wilayah Kalbar dan seminar sehari Haji Mabrur sepanjang hayat dengan wakaf produktif. “Saya selalu menyempatkan hadir dalam kegiatan seperti ini,” jelas Suhadi.**

 

Berita Terkait