Prediksi Portugal vs Wales: Agresivitas Lawan Efektivitas

Prediksi Portugal vs Wales: Agresivitas Lawan Efektivitas

  Selasa, 5 July 2016 16:08
FOTO; Twitter @UEFAEuro

Berita Terkait

LIVE RCTI KAMIS (/7/7) PUKUL 02.00 WIB

LAGA  semifinal Euro 2016 antara Jerman vs Prancis memang lebih menyita perhatian. Namun, tak kalah menarik Portugal vs Wales pada Kamis (7/7) dini hari WIB, yang menghadirkan duel dua tim berbeda kebiasaan, yang satu kental dengan agresivitas, satu lagi mengutamakan efektivitas.

Berdasarkan statistik dari lima laga yang sudah dilaoni di Euro 2016, Portugal mengoleksi total 6 gol (minus adu penalti melawan Polandia). Sementara, Wales lebih produktif dengan torehan 10 gol.

Total 6 gol skuat asuhan pelatih Fernando Santos diciptakan dari 95 percobaan tembakan, perinciannya 30 tepat sasaran, 36 meleset, 29 diblok lawan, dan 2 membentur tiang.

Sementara Wales, mampu menciptakan 10 gol dengan jumlah percobaan yang jauh lebih sedikit. Total 59 kali percobaan dilakukan tim besutan pelatih Chris Coleman itu. Masing-masing 29 tepat sasaran, 19 meleset, dan 11 diblok lawan.

Efektivitas serangan Wales juga terlihat jelas dari jumlah tendangan sudut yang diperoleh. Gareth Bale dan kawan-kawan hanya mengoleksi 17 tendangan sudut berbanding 39 kali yang dilakukan Portugal. Para pemain Wales juga hanya 7 kali trjebak offside, sedangkan Portugal sudah 16 kali.

Semakin terasa kental ketika melihat persentase penguasaan bola kedua tim. Rasio ball possessions Wales cuma 47%. Dengan kata lain, jika dirata-ratakan selama lima pertandingan, Wales sebenarnya tak perlu mendominasi penguasaan bola untuk bisa menang. Bandingkan dengan Portugal, yang memiliki 54% penguasaan bola.

Strategi penguasaan bola Portugal semakin terlihat mencolok jika ditelusuri dari statistik umpan. Mereka memiliki 87 persen akurasi umpan berbanding 81 persen milik Wales. Dari total 2.652 umpan para penggawa Seleccao Das Quinas, 2.319 di antaranya sukses. Sementara, Wales mencatat 1.502 umpan sukses dari 1.816 keseluruhan.

Dalam hal pertahanan, para pemain Wales terbilang lebih tangguh. Mereka memiliki catatan statistik 251 ball recovered dengan 19 tackles, 21 blok, dan 126 clearances. Sementara, Portugal mencatat 248 balls recovered dengan 8 tackles, 9 blok, dan 93 clearances.

Jadi, apakah agresivitas Cristiano Ronaldo dkk yang akan menang, atau efektivitas Gareth Bale cs? Kita tunggu saja hasil laga di Parc Olympique Lyonnais pada Kamis (7/7) dini hari WIB itu. (ira/JPG)

 

 

Liputan Khusus: 

Berita Terkait