Prediksi 3 Ribu Tamu ke Sukadana

Prediksi 3 Ribu Tamu ke Sukadana

  Kamis, 22 September 2016 10:07
PERSIAPAN SAIL: Rapat Koordinasi Akomodasi dan Fasilitas Publik, Selasa (20/9) di Gedung Balai Praja Sukadana. Rapat tersebut diselanggarakan sebagai persiapan Sail Selat Karimata. HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Bupati Kayong Utara Hildi Hamid memperkirakan sekitar 3 ribu tamu akan datang ke Sukadana menghadiri perhelatan Sail Selat Karimata, 15 Oktober mendatang. Demi jumlah yang sangat besar tersebut, dia memastikan bagaimana kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara dalam penyediaan homestay.

“Sejauh ini kami telah mendata 600-an lebih kamar, baik itu kelas penginapan dan homestay rumah warga, dan kami juga telah menerbitkan Surat Keputusan Bupati terkait standar harga penginapan, agar tidak terjadi simpang siur dan penetapan harga terlalu mahal oleh perseorangan, yang berimbas pada citra Kabupaten di mata tamu,” ungkap Bupati di hadapan para peserta Rapat Koordinasi Akomodasi dan Fasilitas Publik, Selasa (20/9) di Gedung Balai Praja Sukadana. Bupati juga memastikan bahwa mereka akan menggelar pertemuan dengan para pengusaha perhotelan di Ketapang, terkait kesiapannya untuk menampung tamu yang ingin bermalam di sana.

Hildi menggambarkan kepada para Panitia Pusat yang hadir dalam pertemuan tersebut tentang fasilitas akomodasi penginapan dan tempat labuh helikopter. Tempat labuh helikopter sendiri dipersiapkan mereka untuk menyambut Presiden Joko Widodo yang akan hadir bersama para menteri dan tamu negara lainnya. Dia sendiri berharap orang nomor satu di negeri ini dapat bermalam di Sukadana, serta menggelar galadinner di Kota Sukadana.

“Kita telah memperiapkan rumah cottage di tepi laut dengan fasilitas kolam berenang dan helipad untuk Presiden, Pendopo Bupati, dan rumah Sekertaris Daerah yang siap huni, kemudian 55 kamar di Hotel Mahkota Kayong yang dapat digunakan untuk para duta besar dan para menteri. Semua itu saya berharap besar Presiden Jokowi sudi untuk menginap di Sukadana,” harap Hildi.

Menanggapi hal yang disampaikan Bupati dan para peserta rapat yang lain terkait akomodasi kesiapan penyelenggaraan Sail yang dinilai telah berada pada jalur yang benar, pihak Dewan Kelautan Indonesia (Dakin), Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman (Kemenko Maritim), dan Kementerian Kelautan dan Perikanan selaku Panitia Pusat akan membawa hasil rapat ini ke meja Kepresidenan. Mereka berharap dari hasil rapat tersebut dapat dipertimbangkan, di mana dalam jangka waktu H-10 sudah mendapatkan keputusan dari staf Kepresidenan. 

Pemkab sendiri bersiap menyambut ribuan tamu yang datang ke Kota Sukadana. Kesiapan tersebut terungkap dalam pertemuan yang juga dihadiri perwakilan Kemenko Maritim, Dekin, Danlantanal, Kasdispotmar AL, dan Biro Umum KKP yang bertindak sebagai  pimpinan rapat. Pertemuan juga dihadiri seluruh lapisan pemerintah yang terdiri dari unsur TNI, Polri, BUMN, dan  pejabat daerah yang terlibat dalam kepanitiaan. Di sana para peserta rapat saling mengutarakan kesiapannya dalam menyambut Sail Selat Karimata yang puncaknya akan dilaksanakan pada 15 Oktober di Pantai Pulau Datok Sukadana.

Bupati Hildi Hamid dalam rapat yang berlangsung selama 3 jam itu mengutarakan sejauh mana kesiapan Pemkab dalam akomodasi penginapan untuk Presiden, para menteri, dan tamu negara seperti para duta besar dari negara-negara tetangga yang saat ini telah terkonfirmasi kedatangannya. Dalam kesempatan tersebut Hildi juga mengutarakan tentang kesiapan Pemkab dalam penyediaan homestay yang kiranya dapat membantu menampung para tamu yang diperkirakan berjumlah 3 ribu orang. (dan/Humas)

Berita Terkait