Prancis 2 vs 1 Republik Irlandia; Berkat Aksi Aksi Griezmann

Prancis 2 vs 1 Republik Irlandia; Berkat Aksi Aksi Griezmann

  Minggu, 26 June 2016 22:27
FOTO; EURO

Berita Terkait

LANGKAH Prancis di Euro 2016 belum terhenti. Sempat tertinggal 0-1 pada babak pertama, Les Bleus sukses membalikkan kedudukan guna memetik kemenangan 2-1 atas dari Republik Irlandia di Stade de Lyon, Minggu (26/6). Prancis lolos ke babak perempat final.

Dengan status unggulan, Prancis justru sempat kecolongan pada awal babak pertama. Laga baru seumur jagung, tepatnya baru berjalan 70 detik, Paul Pogba melanggar Shane Long di kotak terlarang. 

Hadiah penalti diberikan untuk Irlandia. Robbie Brady yang maju sebagai eksekutor pun melaksanakan tugasnya tanpa cela.

Setelah itu, Prancis langsung mencoba bangkit dan mencari gol. Pada menit ke-8, hadiah tendangan bebas didapat Prancis persis di tepi kotak penalti. 

Dimitri Payet yang maju sebagai algojo gagal menghadirkan gol. Bola eksekusinya ditangkap kiper Irlandia, Darren Randolph. 

Pada menit ke-27, N’Golo Kante mendapat kartu kuning dari wasit. Alhasil, Kante akan absen di babak perempat final jika Les Bleus lolos.

Memasuki menit ke-40, Irlandia mendapat peluang dari set-piece. Tendangan melengkung Brady menusuk ke jantung pertahanan Prancis. Namun, bola sundulan Duffy yang merangsek naik ke depan hanya menaymping di kiri gawang Lloris.

Pada menit 44, serangan balik Irlandia melalui Shane Long dihentikan oleh Adil Rami. Ganjarannya, Rami mendapat kartu kuning dari wasit dan harus absen pada perempat final. Irlandia menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Memasuki babak kedua, Prancis mulai meningkatkan tempo serangan. Perjuangan skuat Didier Deschamps membuahkan hasil.

Pada menit ke-57, Prancis akhirnya sukses menyamakan kedudukan. Umpan silang Bacary Sagna dari sisi kiri pertahanan Irlandia disambut Antoine Griezmann dengan sundulan. Skor menjadi 1-1.

Tak berhenti sampai di situ, Griezmann kembali beraksi. Pada menit ke-61, memanfaatkan umpan kepala Olivier Giroud, Griezmann kembali merobek gawang Irlandia melalui sepakan mendatar kaki kirinya.

Setelah kebobolan dua gol, petaka kembali mendatangi Irlandia, tepatnya pada menit ke-69. Griezmann melesat sendirian menuju gawang Irlandia dan sangat berpeluang untuk mencetak hat-trick karena tinggal berhadapa dengan kiper Darren Randolph.

Namun, laju Griezmann dihentikan melalui tackle oleh Shane Duffy. Tidak ada pilihan lain bagi wasit, selain mengganjar Duffy dengan kartu merah!.

Hingga laga usai, Irlandia tak mampu mengejar ketinggalan. Prancis sukses mengunci kemenangan 2-1 dan berhak melaju ke babak perempat final Euro 2016.

Susunan pemain:

Prancis: 1-Hugo Lloris, 19-Bacary Sagna, 4-Adil Rami, 3-Patrice Evra, 15-Paul Pogba, 5-N'Golo Kante (20-Kingsley Coman 46') (18-Moussa Sissoko 90+3'), 14-Blaise Matuidi, 7-Antoine Griezmann, 8-Dimitri Payet, 9-Olivier Giroud (10-Andre-Pierre Gignac 73')
Pelatih: Didier Deschamps (Prancis)

Republik Irlandia: 23-Darren Randolph, 2-Seamus Coleman, 5-Richard Keogh, 12-Shane Duffy, 17-Stephen Ward, 8-James McCarthy (20-Wes Hoolahan 72'), 13-Jeff Hendrick, 19-Robbie Brady, 11-James McClean (4-John O'Shea 68'), 9-Shane Long, 21-Daryl Murphy (14-Jon Walters 65')
Pelatih: Martin O'Neill (Irlandia Utara). (ira/JPG)

 

 

Liputan Khusus: 

Berita Terkait