Prajabatan CPNS Honorer K2 Tuntas

Prajabatan CPNS Honorer K2 Tuntas

  Sabtu, 9 April 2016 09:56
PRAJABATAN: Bupati Ria Norsan melepas tanda peserta prajabatan CPNS honorer K2. ISTIMEWA

Berita Terkait

MEMPAWAH- Bupati Ria Norsan menghimbau pimpinan SKPD agar senantiasa memberdayakan dan memberikan pembinaan kepada CPNS honorer K2 dilingkungan kerjanya masing-masing. Supaya, CPNS mampu menjadi aparatur yang profesional dalam memberikan pelayanan publik.“Disamping memberikan pembinaan, Kepala SKPD tidak boleh memberikan rekomendasi pindah diluar Pemerintah Kabupaten Mempawah selama sepuluh tahun, jika CPNS bersangkutan telah  diangkat menjadi PNS. Hal itu sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati,” tegas Norsan ketika menutup pendidikan dan pelatihan pra jabatan bagi CPNS golongan I, II dan III formasi tenaga honorer K2, Rabu (7/4) di Wisma Chandramidi Mempawah. Pra jabatan itu sendiri telah berlangsung sejak tanggal 29 Februari 2016 lalu.

Norsan menerangkan, UU Nomor 5 tahun tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) bertujuan membangun aparatur negara yang berintegritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik. Termasuk bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik yang maksimal.

“Makanya tujuan dari pelaksanaan pra jabatan ini untuk mengaplikasikan UU Nomor 5 tahun 2014. Sekaligus menjadi salah satu persyaratan yang sangat menentukan bagi CPNS untuk diangkat secara penuh menjadi PNS,” pendapatnya.

Lebih jauh, Norsan menyebut, sebagaimana pasal 69 dan 70 UU Nomor 5 tahun 2014 mengamanatkan pemerintah daerah untuk memberikan kesempatan kepada PNS yang memiliki kinerja, loyalitas serta moralitas yang baik agar mengembangkan dirinya. Baik dalam bentuk kompetensi teknis maupun manajerial.

“Kedepan, para peserta dituntut mampu menjadi aparatur yang kompeten, profesional serta memiliki akhlak dan budi pekerti yang tinggi,” pesannya mengakhiri.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Pegawai, Mutasi dan Diklat BKD, Sumanto memaparkan, pelaksanaan diklat prajabatan bagi CPNS golongan I, II dan III kategori honorer K2 tersebut ditujukan untuk membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik.

“Sehingga dapat memahami wawasan kebangsaan, memahami sikap untuk tidak korupsi dan mendorong percepatan pemberantasan korupsi, memahami ketentuan kepegawaian berkaitan dengan peran dan fungsi ASN, kedudukan, kewajiban dan hak PNS, memahami pola fikir ASN sebagai pelayan masyarakat,” ucapnya.

Diklat pra jabatan CPNS golongan I, II dan III kategori honorer K2 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah yang berlangsung sejajk tanggal 29 Februari sampai 6 April 2016 itu diikuti 147 peserta. Terdiri dari CPNS golongan III sebanyak  58 orang, golongan II sebanyak 76 orang dan golongan I sebanyak 13 orang.(wah)

Berita Terkait