Praja IPDN Terjun ke Kampung

Praja IPDN Terjun ke Kampung

  Senin, 11 April 2016 09:39
KEMASYARAKATAN: Praja IPDN melakukan berbagai kegiatan kemasyarakatan di Kabupaten Landak. Istimewa

Berita Terkait

PONTIANAK—Sebanyak 99 praja dari Institut Perguruan Tinggi Dalam Negeri (IPDN) turun gunung. Mereke menyusuri jalan-jalan kampung dalam balutan agenda praktek kerja lapangan di Kabupaten Landak dari 7 Maret sampai 5 April 2016. Tujuannya selain melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi juga membantu aparatur SKPD dan warga di sana.

Sekretaris, Bappeda Kabupaten Landak, Hendrikus Riko Frefrick, AP. M.Si menyatakan bahwa di Pemkab Landak para praja disebar pada berbagai SKPD untuk belajar sekaligus membantu pekerjaan aparatur bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Di bidang pemerintahan, praja membantu pekerjaan administrasi dan manajemen di kantor SKPD. Bidang pembangunan khususnya pembangunan sumber daya manusia, para praja melakukan penyebaran informasi terkait upaya menghadapi ujian nasional, informasi bahaya narkoba, dan informasi sekolah ikatan dinas. Penyebaran informasi ini dilakukan pada 34 SMA/MA se-Kabupaten landak.

“Informasi ini penting dilakukan karena mengenai perkembangan generasi. Ini harus terus disuarakan kepada semua generasi muda, baik yang berada di kota maupun sampai ke kampung-kampung atau desa-desa. Sebab tidak semua anak dapat tahu lewat internet, terutama yang berada di kampung-kampung tersebut. Sementara mereka memiliki potensi dan kesempatan yang sama,” kata Hendrikus Riko belum lama ini.    

Di bidang kemasyarakatan, para praja melakukan berbagai kegiatan sosial seperti penghijauan (penanaman pohon) dan gontong royong pembersihan tempat-tempat ibadah seperti masjid dan gereja. Mereke bergotong-royong bersama masyarakat. Khusus kegiatan penghijauan para praja IPDN dilakukan dengan bekerjasama ke seluruh SKPD terkait stok bibit sebanyak 323 bibit dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan, Badan Lingkungan Hidup, Badan Ketahanan Pangan dan Dinas Pemuda dan Olah Raga di Kabupaten Landak. 

Dalam kegiatan penghijauan tersebut Kadisbunhut kabupaten Landak Alpius, enyambut baik kegiatan praja sebagai bentuk partisipasi, kepedulian dan tanggung jawab kepada lingkungan. Sementara Kepala Biro I bidang akademik IPDN Pusat Jatinangor, Yusharto, yang ikut dalam kegiatan penanaman pohon sangat mengapresiasi kegiatan penghijauan guna menjawab isu pemanasan global. 

“Harus diambil nilai-nilai pembelajaran melalui kegiatan kepedulian terhadap lingkungan. Ini merupakan pengetahuan dasar sebagai bahan untuk mengambil keputusan jika kelak sudah duduk dalam jajaran pemerintahan” kata Karo I IPDN. Untuk pohon-pohon yang telah ditanam praja IPDN juga membutuhkan peran serta masyarakat guna memonitor dan menjaganya supaya tumbuh subur dan besar.

Salah satu siswa IPDN yakni praja M. Karim mengaku senang dengan serangkaian kegiatan. Ini merupakan pembelajaran untuk mencintai lingkungan dan pengabdian ke masyarakat. Tujuannya agar kelak setelah tamat dan bekerja dapat menjadi abdi negara dan abdi masyarakat yang baik dan bersih, serta senantiasa melayani kebutuhan masyarakat.

Kegiatan turun praktek lapangan diakhiri dengan agenda malam keakraban di Pendopo Bupati Landak. ”Sungguh kami telah mendapatkan kesan yang sangat luar biasa, baik sambutan masyarakatnya maupun bimbingan dari para pegawai di SKPD untuk berbagi ilmu kepada kami. Betul-betul kami jatuh cinta kepada Kabupaten Landak,” ujarnya 

Dalam sambutannya Pembantu Direktur I bidang Akademik IPDN Kalbar, Ali Akbar berpesan kepada praja IPDN bahwa saat ini guna menjadi agen pembaharuan dan pelopor revolusi mental harus punya integritas yang memiliki semangat kerja, jujur, dan dapat dipercaya dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

Bupati Landak Adrianus Asia Sidoy berpesan kepada praja IPDN Jadilah ASN muda yang The Best in The World yang memiliki knowledge competence karena knowledge is power. Bupati juga mengajak untuk mengimplementasikan sungguh- sungguh nilai-nilai kepamongprajaan yang senantiasa melayani masyarakat. (den)

Berita Terkait