Praja IPDN Asal Landak Lulus Terbaik

Praja IPDN Asal Landak Lulus Terbaik

  Senin, 8 Agustus 2016 09:20
TERBAIK: Praja Asal Kabupaten Landak, Kurnia Pratiwi yang lulus terbaik diwisuda oleh Rektor IPDN, Jatinangor, Minggu (7/8). IST

Berita Terkait

Cornelis Puji Prestasi Kurnia Pratiwi  

JATINANGOR - Gubernur Kalimantan Barat, Drs. Cornelis, MH  mengapresiasi keberhasilan Kurnia Pratiwi, putri asal Kabupaten Landak  yang meraih predikat lulusan terbaik IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) dengan IPK 3,889 dalam Program Diploma IV Angkatan XXIII. Sebagai lulusan terbaik, Kurnia Pratiwi memperoleh Penghargaan Kartika Sapta Abdi Praja I.

Ada sebanyak 1.921 praja diwisuda di Jatinangor, Minggu (7/8) kemarin. Dalam sidang terbuka itu, Gubernur Kalbar, Cornelis ikut hadir untuk menerima penghargaan serta penyerahan kelulusan para Praja IPDN Tahun 2015-2016 dari Rektor IPDN, Prof. DR. H. Ermaya Suradinata, SH.MH.MS. Acara ini juga dihadiri Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Praja Asal Kalimantan Barat yang diwisuda sekitar 79 orang. Sejumlah 17 orang berasal dari Kota Pontianak, enam orang dari Kota Singkawang, empat dari Mempawah, lima dari Bengkayang, enam dari Sambas, enam dari Landak, empat dari Kapuas Hulu, tujuh dari Ketapang, seorang dari Kayong Utara, empat dari Sekadau, enam dari Kubu Raya, serta lima masing-masing dari Sintang dan Sanggau. Lulusan program Strata I berjumlah lima orang, Diploma  IV sebanyak 74 orang,  dan Asta Brata satu orang. 

Usai menerima penghargaan Kartika Sapta Abdi Praja I  dari Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo, Cornelis mengungkapkan, prestasi yang diraih Kurnia Pratiwi dapat memberikan semangat dan motivasi bagi praja lain, khususnya dari Kalbar. Predikat  kelulusan  terbaik ini dinilai sebagai modal dalam mengabdikan diri di pemerintahan.

“Keberhasilan yang dicapai Kurnia sangat bagus. Itu yang kita inginkan, supaya masyarakat kita cerdas mengerti dalam pemerintahan, dapat juara lagi. Ini kan di sekolah  agar menjadi manusia cerdas dan pintar. Jangan jadi penjahat. Pemerintah memberikan apresiasi kepada praja yang  mendapat kelulusan terbaik,” kata Cornelis.

Ia berpesan, apabila para lulusan sudah terjun di pemerintahan sebagai pamongpraja, hendaknya tidak memilih-milih dalam mengabdikan diri. Mereka hendaknya selalu siap ditempatkan di mana saja. Bagi yang meraih predikat terbaik, diharapkan dapat selalu menjaga citra, serta mampu meningkatkan kemampuan diri.

“Ini karena dalam kita bekerja dan mengabdi nanti, tentu banyak tantangan yang lebih berat lagi,” ujarnya. Selain Kurina Pratiwi, praja lain yang juga mendapat lulusan terbaik yakni praja asal Bengkulu, Muhammad Laksamana dengan IPK 3.881. Ia memperoleh penghargaan Kartika Sapta Abdi  Praja  Program Strata I dimana penghargaannya diterima oleh Gubernur Bengkulu.

Para praja wisuda IPDN ini akan dikukuhkan oleh Presiden Joko Widodo pada  Senin (8/8) di Kompleks IPDN Jatinangor. Gubernur seluruh Indonesia akan hadir dalam acara tersebut.(Nasir/Humas) 
 
 

Berita Terkait