Post-Durant Era, Dimulai!

Post-Durant Era, Dimulai!

  Rabu, 5 Oktober 2016 10:20
AKSI: Pemain Oklahoma City Thunder saat beraksi melepaskan tembakan melawan tim Real Madrid (3/10) di Barclaycard Center, Madrid, Spain. ANDREW D. BERNSTEIN / NBAE / Gety Images / AFP

Berita Terkait

Thunder Tumbang 137-142 Di Game Pertama Presesason

MADRID--Pertandingan pertama Oklahoma City Thunder setelah ditinggal Kevin Durant berakhir dengan kekalahan.. Bertandang ke Spanyol untuk menjalani laga preseason pertama, Russell Westbrook dkk kemarin takluk di tangan tuan rumah Real Madrid 137-142. Apa ini tanda awal terpuruknya Thunder sepeninggal Durant?

Westbrook kini kontan menjadi satu-satunya bintang Thunder yang tersisa. Selain Durant yang pindah ke Golden State Warriors, power forward Serge Ibaka, satu dari tiga bintang utama Thunder musim ini juga berganti jersey Orlando Magic. 

Karena itu, Billy Donovan, head coach Thunder tengah mengajak anak asuhnya merombak total terkait cara defense maupun offense mereka. “Di paruh pertama kami bermain sangat baik,” ucap Donovan dilansir Associated Press. “Tapi di paruh kedua defense kami jauh dari harapan,” tambahnya.

Permainan Thunder menjanjikan saat starter mereka turun penuh. Donovan kemarin memasang starting five Westbrook, Victor Oladipo, Andre Roberson, Domantas Sabonis, dan Stevens Adams.

Dengan komposisi itu, mereka sempat unggul jauh 22 poin di paruh pertama laga.  Keadaan mulai berbalik ketika Thunder menyimpan pemain-pemain utama. Makin runyam karena sejak kuarter kedua tersisa tiga menit, Adams, center utama mereka harus meninggalkan pertandingan karena engkel. 

Tembakan tiga angka Sergio Llull pada buzzer akhir pertandingan menyelamatkan juara euroleague sembilan kali dari kekalahan. Waktu normal berakhir dengan kedudukan 126-126. Di babak overtime, Madrid unggul poin 16-11 yang membuat mereka menang 142-137.

“Ini masih preseason,” ucap Westbrook usai pertandingan kepada ESPN. “Kami di sini ingin memastikan, kami telah punya klik saat seri regular dimulai nanti. Banyak wajah baru. Banyak pula hal baru yang harus kami sesuaikan,” tambahnya.

Westbrook kemarin hanya turun di kuarter pertama dan ketiga. Minutes play-nya hanya 22 menit. Total dia mengemas 18 poin. Sementara itu, guard anyar Thunder yang datang dari Orlando Magic, Victor Oladipo langsung tampil garang. Dia memborong 34 poin dan lima assist. “Aku antusias di tim baru ini. Aku meras lebih bisa berkembang di sini,” ucap Oladipo. 

Tanpa ada Durant, gaya bermain Thunder kemarin tampak lebih cair. Westbrook mendistribusikan bola dengan intesitas lebih tinggi ke rekan-rekan setimnya. Tujuh musim terakhir, saat melihat Thunder bermain, bola mayoritas hanya dikuasai Westbrook dan Durant.

Enam musim terakhir, dengan duet Westbrook dan Durant Thunder sukses menembus final wilayah empat kali. Satu di antaranya menembus final NBA di musim 2011-2012. Menarik dinanti sejauh mana mereka melangkah tanpa Durant musim ini.(irr)

Berita Terkait