Poskamling Diaktifkan

Poskamling Diaktifkan

  Rabu, 13 April 2016 10:26
SISKAMLING: Kasatsabhara Polres Sambas, , AKP Agus Riyanto, SH, Selasa (12/4) kepada wartawan menyambangi Poskamling di beberapa desa di Sambas. Perlu diaktifkan lagi. OZY/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Bagian Dari Peran Masyarakat

SAMBAS – Keaktifan Warga dalam kegiatan Poskamling. Sangat membantu dalam rangka menjaga Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Sehingga kegiatan ini diharapkan tak boleh ditinggalkan.

“Akhir-akhir ini, hasil pemantauan kami. Kegiatan Poskamling di beberapa wilayah di Sambas mulai berkurang alias sepi,” kata Kapolres Sambas, AKBP Sunario SIK MH melalui Kasatsabhara, AKP Agus Riyanto, SH, Selasa (12/4) kepada wartawan.

Menurutnya, sebelumnya kegiatan Poskamling selalu diramaikan warga. Sehingga pihaknya mengajak, kegiatan dalam rangka menjaga lingkungan masing-masing tersebut kembali digalakkan. 
“Kita berharap, ke depannya Poskamling diramaikan kembali. Lantaran ada manfaatnya bagi keamanan masyarakat setempat,” katanya.

Dikatakannya, adanya Poskamling. Paling tidak memberikan kesempatan timbulnya aksi kejahatan, terutama Pencurian dengan pemberatan (Curat). “Melalui Poskamling ini, warga berperan menjaga keamanan daerahnya masing-masing,” katanya.

Kemudian kegiatan tersebut, sangat membantu pihak kepolisian dalam rangka mewujudkan kamtibmas di masyarakat. “Kita dari pihak kepolisian, khususnya Sabhara. Tak henti-hentinya melakukan pemantauan di wilayah pemukiman. Kemudian dengan adanya Poskamling. Akan sangat membantu sehingga kamtibmas selalu terjaga,” katanya.

Pihaknya juga rutin menyambangi Poskamling hal tersebut dilakukan dalam bentuk kegiatan Sabhara Sambangi Poskamling. “Bukan saja di tepi jalan besar. Kita juga menyambangi poskamling yang masuk ke gang-gang,” katanya.

Ditegaskannya, dalam rangka menjaga keamanan lingkungan. Pihak kepolisian akan berupaya semaksimal mungkin. Namun hal tersebut juga harus diikuti dengan adanya peran serta masyarakat. 

“Kalau hanya polisi, belum mengcover seluruh masyarakat. Namun dengan keterlibatan aktif warga, tujuan utama yakni menciptakan kondisi aman dan nyaman akan tercapai,” katanya. (fah) 

 

Berita Terkait