Positif Untuk Rio

Positif Untuk Rio

  Senin, 3 Oktober 2016 10:51

Berita Terkait

SEPANG- Setelah Force India memastikan mempertahankan line up balapnya, musim depan slot yang tersisa di grid Formula 1 semakin terbatas. Hanya tinggal beberapa kursi kosong saja yang berpeluang untuk ditempati pembalap Indonesia Rio Haryanto. Sejauh ini manajemen pembalap asal Solo tersebut menyatakan optimismenya bisa mengembalikan kursi balap Rio yang sempat lepas di tengah musim ini.

 
          Ditemui di Sirkuit Sepang, Malaysia kemarin (2/10) Manajer Rio, Piers Hunnisett menyatakan semua langkah untuk mencarikan sponsor untuk Rio bergerak ke arah yang positif. Memang masih perlu ada langkah lanjutan yang tak kalah rumitnya dalam beberapa ke depan. Termasuk mempertemukan kepentingan sponsor dengan keinginan tim yang bakal dibela Rio musim depan.

          ’’Aku rasa akan ada kabar sebelum GP Abu Dhabi,’’ ungkapnya. Pernyataan itu sedikit diplomatis karena Abu Dhabi adalah balapan terakhir di musim ini. Menurutnya GP Malaysia seharusnya membuka mata para pengambil kebijakan dan swasta di Indonesia tentang pentingnya F1 sebagai ajang promosi.

          Menurut Hunnisett, Petronas telah menyeponsori F1 selama 20 tahun. Pernah menyeponsori tiga tim yang berbeda. Kemudian Departemen Pariwisata Malaysia dengan Visit Malaysia pernah eksis di F1 pada kurun waktu akhir 90-an. Padahal Malaysia tidak punya pembalap F1. ’’Sekarang Petronas menjadi perusahaan yang disegani di dunia,’’ paparnya.

Meski tak lagi membalap di Formula 1 fakta bahwa Rio Haryanto adalah satu-satunya pembalap Asia yang ada di grid musim ini membuat penyelenggara balapan kasta tertinggi di dunia itu tetap memperhitungkan sosoknya. Terbukti Sabtu (1/10) Rio diberi kehormatan untuk menyerahkan trofi kepada juara balapan GP3 di Sirkuit Sepang, Malaysia.

                Bukan sosok sembarangan yang berkesempatan untuk naik podium dan menyerahkan trofi kepada juara balapan. Biasanya untuk kelas GP3 trofi diserahkan oleh pemilik sirkuit, kepala pemerintah lokal, bos tim, atau pembalap senior. Rio sendiri merasa terhormat dengan kesempatan itu. FOM mengirimkan surat elektronik kepada tim yang menaunginya Manor-Mercedes Jumat (30/9) dan mengajukan permohonan agar pembalap asal Solo tersebut bersedia menyerahkan trofi kepada para juara balapan GP3 di Sepang. ’’Mereka (FOM) bertanya apakah saya punya waktu luang menyerahkan trofi di podium. Karena waktunya pas longgar saya sanggupi,’’ ucap Rio saat ditemui di hospitality Manor kemarin sore.

 

Dukungan besar juga datang dari fans Rio saat mereka menghadiri meet and greet di Sepang kemarin. Puluhan orang mengerubung panggung utama di area fanzone Sirkuit Sepang pukul 12:30 untuk bertemu dengan Rio. Rio mengaku sudah tidak sabar ingin menjajal mobil tahun depan yang kabarnya akan lebih cepat 3-4 detik dari mobil musim ini. Perubahan regulasi ban dan aerodinamika diprediksi bakal menambah kecepatan jet darat 2017. ’’Kalau perhitungannya lebih cepat 3-4 detik, maka mobil Manor akan secepat mobil Mercedes musim ini,’’ katanya. (cak)

Berita Terkait