PON 2016, Perserosi Kalbar Loloskan Empat Atletnya

PON 2016, Perserosi Kalbar Loloskan Empat Atletnya

  Kamis, 10 December 2015 09:29
START: Pra PON sepatu roda di sirkuit Saparua Bandung, 1-6 Desember lalu. Pengda Seluruh Indonesia tampil, Kalbar kebagian 4 kuota. FOTO PORESEROSI BUAT PONTIANAKPOST

Atlet sepatu roda Kalbar beruntung. Saat digulirkan pra PON di Bandung beberapa waktu lalu, empat kuota diberikan untuk olahraga yang digemari anak-anak dan kalangan remaja ini. Keberhasilan ini disambut baik oleh Porserosi (Persatuan Olah Raga Sepatu Roda) Pengda Kalbar, dan berupaya untuk bisa merebut medali di PON ke 16,  2016 di Jawa Barat.

KONTINGEN Kalbar di Pra PON langsung dipimpin oleh Ketua Perserosi Kalbar Zulfydar Zaidar Mochtar. Sejak 1 – 6 Desember, perhelatan Pra PON digulirkan di sirkuit Saparua Bandung.’’Kalau ditanya target, ndak muluk-muluk kok. Bisa meraih perunggu saja sudah bagus,’’ ujar Zulfidar.Dimaklumi target teratas tidak dibidik. Ini, selain pertama kalinya ambil bagian di PON mewakili Kalbar, Pengurus Daerah Provinsi Porserosi baru terbentuk tiga tahun ini. Meski, hingga kini, Pengda Kalbar sudah membentuk 5 kabupaten, kota dan terus akan bertambah.

Namun demikian, Porserosi Kalbar tergolong aktif. Selain ikut ambil bagian dalam Porprov dan program Kejurda. Dalam setahun saja ada 3 kejurda, Piala Kapolda, piala Pangdam dan piala Walikota Pontianak. Empat atlet Kalbar yang lolos ke PON nanti akan diumumkan pada bulan Januari. Berdasarkan hasil dan keseriusan atlet untuk mengikuti petunjuk pengurus provinsi.‘’Karenanya atlet Kalbar harus bekerja lebih keras lagi. Jika ingin mendapatkan medali, format latihan harus ditambah. Minimal harus tiga kali lipat lagi. Di Pra PON setidaknya kita sudah bisa mengukur kemampuan masing-masing daerah. Sedikit, peta kekuatan masing-masing daerah sudah terlihat,’’ tambahnya.

Usai Pra PON, atlet boleh kembali ke Pengcab atau klubnya masing-masing. Yang menggembirakan, klub sepatu roda di Kalbar sudah berkembang baik dari sisi jumlah maupun kualitasnya.Februari 2016 seluruh klub akan disahkan oleh kabupaaten dan kota setelah masing-masing Pengcab melaporkan klubnya dan mendaftarkan diri kepada provinsi berikut atletnya.Selain Zulfydar Zaidar Mochtar, sebagai pimpinan rombongan, juga didampingi official lain Bambang Susanto, Wendy Japanri, Mirza Alamsyah, Farid Riza, dan Edy Zaidar.Kalbar mendapat kuota 4 atlet di PON bersama Kaltara, Papua, Sumbar, Bengkulu dan Lampung. Sementara kuota terbesar, 12 atlet diambil Jakarta dan Kaltim. Di bawahnya ada Jateng, Jatim dan DI Yogyakarta masing-masing 11. (*/ing)