Polri dan TNI Siap Amankan Pilkada

Polri dan TNI Siap Amankan Pilkada

  Selasa, 8 December 2015 09:01
GELAR PASUKAN: Polsek Kendawangan beserta Koramil 1203-03 Kendawangan melaksanakan gelar pasukan, kemarin. Aparat dari kedua institusi tersebut siap bekerjasama mengamankan pilkada. ISTIMEWA

Berita Terkait

KENDAWANGAN - Dalam rangka pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Tahun 2015 jajaran Polsek Kendawangan dibantu BKO Dit Pol Air dari Polda Kalbar serta anggota Koramil 1203-03 Kendawangan pada Senin (07/12) mengadakan gelar pasukan di halaman Mapolsek Kendawangan.

Gelar pasukan sendiri langsung dipimpin Kapolsek Kendawangan Iptu Ikhwan Syukri dan Danramil 1203-03 Kendawangan, Kapten Inf Arifin. Kapolsek Kendawangan Ikhwan Syukri dalam sambutannya mengatakan bahwa gelar pasukan ini dimaksudkan guna mengecek kesiapan para anggota dalam pelaksanaan pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, baik itu dari unsur Polri maupun TNI.

Di samping itu, gelar pasukan ini dimaksudkan untuk mempererat kerjasama antara TNI dan Polri dalam ikut serta mengamankan jalannya pilkada serentak yang akan berlangsung pada Rabu 9 Desember mendatang.

Menurutnya, Kecamatan Kendawangan mendapat tambahan pasukan pengamanan (BKO) dari Dit Pol Air Polda Kalbar sebanyak 28 personel yang akan standby di Kendawangan untuk menangani beberapa wilayah kecamatan lainnya seperti Marau, Manismata, Singkup, Jelai Hulu, dan Airupas.

Jadi, jika di wilayah kecamatan tersebut ada gangguan Kamtibmas berkenaan dengan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, maka BKO tersebut akan siap mengamankannya.

Di lain pihak, unsur TNI juga akan menyiapkan personelnya sebagai pasukan pelapis guna membantu Polri dalam rangka pengamanan Pilkada serentak. Sementara itu, untuk anggota Polsek, sebanyak 21 personel akan diterjunkan ke TPS-TPS yang ada di wilayah Kendawangan serta akan dibantu pula oleh 15 personel dari anggota Polres Ketapang.Para aparat tersebut akan mengamankan dan mengawal logistik pemilukada sampai ke tingkat kecamatan bersama dengan Linmas dan PPK, serta Panwas yang ada. Dengan demikian, diharapkan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang tahun 2015 ini berjalan sukses dan aman.

Sementara itu, Danramil 1203-03 Kendawangan Kapten Inf.Arifin dalam sambutannya mengatakan bahwa upacara ini dimaksudkan untuk mempersiapkan pasukan, baik TNI maupun Polri untuk pelaksanaan pengamanan Pilkada serentak.Kerjasama antara Polri dan TNI dinilai penting mengingat luasnya wilayah kecamatan Kendawangan yang memiliki 90 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 19 desa. Sementara jumlah personel yang ada sangat terbatas.

Diharapkan gelar pasukan bersama antara TNI dan Polri ini akan menjadi kekuatan tersendiri dalam menjaga dan mengamankan pemilihan Bupati dan Wakil bupati Ketapang Tahun 2015.“Kami dari unsur TNI siap sebagai pasukan penebal atau pelapis dalam rangka pengamanan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ketapang Tahun 2015,” paparnya.(*)

 

Berita Terkait