Polres Petakan TPS Rawan , Siaga Satu Mulai Berlaku

Polres Petakan TPS Rawan , Siaga Satu Mulai Berlaku

  Selasa, 8 December 2015 09:04
SUKSES PILKADA: Spanduk bertuliskan ajakan sukseskan Pilkada serentak banyak ditemui di sejumlah sudut kota di Kabupaten Sambas. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

 
SAMBAS—Kepolisian Resort (Polres) Sambas terus melakukan pemantauan lapangan terkait persiapan pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2015. Dari hasil analisis lapangan, polisi sudah memetakan tempat pemungutan suara (TPS) yang dianggap rawan dan kategori aman.  

“Saat ini sudah siaga satu, dan kita sudah memetakan TPS mana yang dikategorikan rawan dan aman,” ungkap Kapolres Sambas AKBP Sunario melalui Kabag Ops Polres Sambas Kompol Jajang, kemarin.
Dalam pemetaan itu, kata Kompol Jajang, terdapat TPS yang dianggap aman dan rawan. Untuk kerawanan pun ada tingkatannya alias kategorinya dimana mulai Rawan I, Rawan II, dan Rawan III. Dijelaskannya, kategori Rawan I adalah dimana kondisinya di lapangan nanti seorang polisi mengamankan, dan memantau sebanyak 3 TPS.

Sementara disebut Rawan II maka seorang polisi mengamankan, dan memantau 2 TPS. Sedangkan kategori Rawan III, maka seorang polisi mengamankan dan memantau 1 TPS. Untuk ketegori aman maka seorang polisi mengamankan dan memantau 4 TPS. Di samping memetakan, polres juga sudah menggeser personel ke polsek-polsek untuk ditempatkan di TPS-TPS nantinya. “Untuk kategori Rawan I, ada 492 TPS yang dijaga 164 personel. Kategori rawan II berjumlah 306 TPS yang dijaga 153 personel, sedangkan rawan III ada 49 TPS yang dijaga 49 personel, sedangkan kategori aman ada 268 TPS yang dijaga 67 personel,” ungkap Kompol Jajang.

Dalam rangka pengamanan, kata Jajang, Polres juga dibantu oleh Dit Sabhara Mapolda Kalbar dan Brimob yang total berjumlah 100 personel. Pasukan tambahan ini bakal disebar di sejumlah kecamatan  
“Di Kecamatan Sambas kita terjunkan 30 personel, Kecamatan Pemangkat 25 personel, Kecamatan Tebas  20 personel, dan Kecamatan Teluk Keramat 25 personel,” ungkapnya.Suksesnya Pilkada, kata Jajang, bukan saja menjadi tanggung jawab aparat keamanan saja melainkan seluruh unsur masyarakat. Oleh sebab itu, Polres Sambas mengimbau agar masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban.
“Kepada masyarakat tetap menjaga situasi kamtibmas yang sudah kondusif dan tidak mudah terprovokasi oleh berita-berita yang belum jelas kebenarannya. Kami juga meminta agar masyarakat agar selalu melaporkan hal-hal yang mencurigakan kepada polisi terdekat,” ujarnya.

Sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sambas mengimbau kepada seluruh masyarakat menggunakan hak pilih masing-masing dengan sebaik baiknya dan kita jangan sampai ada yang golput. MUI Kabupaten Sambas menilai Pilkada ini merupakan kesempatan warga memilih pemimpin Kabupaten Sambas lima tahun ke depan.
"Pilihlah yang terbaik dari ketiga pasangan calon Bupati dan calon wakil Bupati yang akan bertanding 9 Desember 2015 ini. Ingat jangan sampai salah pilih karena akibatnya akan mengecewakan kita sendiri," ungkap Ketua MUI Kabupaten Sambas, H Ahmadi Muhammad.MUI Kabupaten Sambas juga  mengingatkan kepada penyelenggaran Pilkada, seperti KPUD, Panwaslu, PPK, PPS, hingga KPPS serta para saksi supaya bekerja dengan sejujur-jujurnya dan tidak berbuat kecurangan. (har)

 

Berita Terkait