Polres Kurang 1.051 Personil

Polres Kurang 1.051 Personil

  Selasa, 12 April 2016 10:49
SALAM: Salah komando Bupati Mempawah dan Pangdam. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

PUTUSSIBAU—Wilayah hukum Polres Kapuas Hulu merupakan wilayah terluas di Kalbar, demikian juga dengan jalur pengamanan lalulintasnya. Luas wilayah dan penduduk menyebar, tidak sebanding dengan anggota Polres Kapuas Hulu saat ini yang hanya 623 personil. Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Sudarmin SIK mengakui korps bhayangkara yang dia pimpin pada saat ini kekurangan personil 1.052.

Dijelaskannya, anggota Polres Kapuas Hulu saat ini baru 40 persen terpenuhi, artinya masih kurang 60 persen lagi dari kebutuhan sebenarnya.

"Di-Polres ini baru ada 623 personil, mestinya berjumlah 1.674. Jadi anggota saya masih kurang 1,051 personil," ungkapnya, Senin (11/4) kemarin. Untuk memenuhi jumlah personil tersebut dirinya selalu meminta penambahan anggota ke Kapolda Kalbar. "Saya sebatas mengusulkan. Saya berharap Polda Kalbar dapat menambahan anggota polres Kapuas Hulu," tuturnya. Penambahan personil sangat dibutuhkan mengingat Kapuas Hulu memiliki wilayah yang luas. Jarak tempuh antar kecamatan cukup jauh, medannya juga banyak yang sulit, baik melalui jalan darat ataupun jalur sungai. Karenanya penambahan personil sangat diharapkan di Mapolres ini.

Ditambahkan Sudarmin, pada April ini ada penerimaan kepolisian. Hal itu memberi peluang bagi masyarakat Kapuas Hulu, khusus putra putri daerah terbaik yang maun mendaftar jadi Brigadir Polisi.

"Nanti ada pelatihan bagi mereka yang ikut tes Brigadir. Mulai dari kesehatan, psikologi demikian pengetahuan umum lainnya, sebelum mengikuti tahapan test selanjutnya di Pontianak," ungkapnya.

Sehubungan dengan penerimaan bintara Polri ini, Kapolres mengatakan, belum ada kuota yang tetap untuk jumlah personil yang bakal dilimpahkan ke Polres Kapuas Hulu nanti. Dia berharap berapapun kuota yang diberikan jika ada. Bisa menambah anggota Polres Kapuas Hulu yang sangat terbatas saat ini. Baik yang ditempatkan di Mapolres maupun di Polsek-Polsek wilayah hukum Polres Kapuas Hulu.

"Semakin banyak yang daftar semakin banyak yang masuk Polisi. Persaingan penerimaan brigadir ini nanti persaingan perdaerah, kalau pendaftar di Kapuas Hulu saingannya dari Kapuas Hulu saja,” kata dia. Ini merupakan kebijakan Polda Kalbar yang memeberi kesempatan pada putra putri di daearah yang berminat bergabung dalam  korps bhayangkara, sehingga kekurangan personil ini teratasi.(aan)

Berita Terkait