Polres Dapat Hibah Rp2,3 M

Polres Dapat Hibah Rp2,3 M

  Selasa, 23 January 2018 10:00
DIKUNJUNGI KAPOLDA: Kapolres AKBP Arief Kurniawan bersama Bupati Hildi Hamid saat mendampingi Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono yang datang dan meninjau bangunan Mapolres, belum lama ini. DANANG PRASETYO/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Mapolres Kayong Utara dapat dana hibah terkait pelaksanaan Pilkada 2018, baik Pilgub maupun Pilbup sebesar Rp2,3 miliar lebih. Hal tersebut disampaikan Kapolres Kayong Utara AKBP Arief Kurniawan, saat menerima kunjungan Kapolda Kalbar, Jumat lalu (19/1).

Dukungan anggaran terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kayong Utara, termasuk juga Pilkada Kalbar di tahun yang bersamaan, 2018, Polres dari awal kegiatan mulai bergulir mengajukan sebesar Rp4,2 miliar lebih. Namun, dilanjutkan Kapolres, dari hasil APBD yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kayong Utara, dana yang disetujui hanya Rp2,3 miliar lebih. Mata anggaran tersebut, menurut dia, nantinya akan dibagi sesuai dengan pos-pos yang direncanakan, baik pra, kemudian operasi hingga pascaoperasi.

"Dari hasil koordinasi dengan Bupati Kayong Utara dan Ketua DPRD KKU (Kayong Utara), apabila anggaran ini kurang, Pemkab Kayong Utara siap mendukung, yang nantinya akan dikeluarkan pada APBD Perubahan. Pengajuan anggaran yang dianggarkan Polres, mengacu kepada banyaknya kegiatan-kegiatan dari luar jadwal yang sudah ditetapkan dalam proses Pilkada. Misalnya Operasi Cipta Kondisi, atau pada nantinya jika terjadi Pilkada ulang, dan lain sebagainya. Pada prinsipnya Bupati Kayong Utara serta stakeholder yang ada mendukung," terang Arief.

Sementara itu, Bupati Kayong Utara Hildi Hamid mengakui jika dana hibah yang diberikan kepada Polres, lebih berpertimbangan pada kondisi Kayong Utara yang merupakan daerah baru. Sebagai daerah baru, tak dipungkiri dia jika APBD terbilang terkecil jika dibandingkan seluruh kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Barat. "Namun Insyaallah, kami mempersiapkan kalau misal, seandainya, ada hal-hal yang terjadi di luar perkiraan seperti yang dikatakan pleh Kapolres," janji Bupati singkat.

Selain dana hibah, Kapolres juga mengungkapkan mengenai sarana serta prasarana yang dimiliki mereka. Disebutkan dia jika kekuatan personel mereka mencapai 224 orang, di mana yang dilibatkan dalam pelaksana Pilkada mencapai 150 personel.

"Kalau hitungan yang sesuai dengan indeks pelibatan kekuatan operasi, sebenarnya dua pertiga. Tapi kami menilai, dua pertiga masih kurang, sehingga dihitung kembali dan melibatkan 150 personel dalam operasi. Dari 224 personel, masih terlalu kurang 29,9 persen dari total personel yang ada," sambungnya.

Kemudian, tambahnya, kekuatan sarana dan prasarana lain yang dimiliki Polres Kayong Utara pada operasi nanti berupa kendaraan water cannon sebanyak satu unit, mobil boks (satu unit), mobil patroli (6 unit), 26 unit kendaraan roda dua milik Polres ditambah dengan kendaraan roda dua dari Polsek-polsek yang ada, speedboat (1 unit) yang standby di Pelabuhan Teluk Batang. Untuk fasilitas terakhir ini disebutkan Kapolres, dimaksudkan untuk memudahkan akses ke Kecamatan Pulau Maya dan Kecamatan Kepulauan Karimata. (dan)

Berita Terkait