Polres Bentuk Tim, Awasi Pungli

Polres Bentuk Tim, Awasi Pungli

  Rabu, 19 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

SANGGAU – Kepolisian Resor Sanggau membentuk tim untuk mengawasi pungutan liar di internal kepolisian. Tim ini dibentuk untuk memastikan ada atau tidaknya pungutan-pungutan liar yang terjadi di internal kepolisian.

Meski punya masa tugas singkat, tim ini diharapkan dapat membentuk mental disiplin anggota di Polres Sanggau dalam menjalankan tugas memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tim ini sendiri dipimpin langsung oleh Kapolres Sanggau, AKBP Donny Charles Go S.Ik.

Waka Polres Sanggau, Kompol Edwin Saleh mengatakan Ada beberapa sasaran yang menjadi fokus kerja tim ini diantaranya pelayanan pembuatan SIM, SKCK, Samsat dan pelayanan penegakan hukum.

 “Tim ini bekerja untuk melaksanakan disiplin anggota, bagaimana mereka memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya Selasa (17/10).

Tim ini mengawali tugasnya dengan melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi. Kemudian, pengungkapan-pengungkapan, surat-surat kendaraan yang dimiliki anggota, pertanggungjawaban anggota yang memegang kendaraan dinas maupun senjata api serta kerapian anggota.

 “Ini khusus diinternal kita, karena polisi juga wajib memberikan pelayanan terbaiknya kepada masyarakat yang bebas pungli. Tidak hanya dipolres, tim ini juga bekerja hingga ke polsek jajaran,” katanya.

Diakuinya, Polres Sanggau ini termasuk rentan dengan hal-hal seperti itu dan ini memang dalam pengawasan. Pihaknya sudah mengingatkan agar anggota selalu memberikan pelayanan terbaik yang bebas dari praktik-praktik pungli.

Meski belum ada pengaduan terkait pungli, dia tidak ingin teledor dengan tidak mengambil langkah-langkah antisipasi. “Kita harus antisipasi dulu dong. Jangan sudah kejadian baru kita buat antisipasi. Salah kita nanti,” tegasnya. (sgg)

Berita Terkait