Polnep Wisuda 1.065 Mahasiswa

Polnep Wisuda 1.065 Mahasiswa

  Kamis, 15 September 2016 09:30
MEWISUDA: Ir HM Toasin Asha MSi mewisuda 1.065 mahasiswa pada Wisuda ke-27 Polnep.

Berita Terkait

RABU, 14 September 2016, Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) meluluskan 1.065 mahasiswa pada Wisuda ke-27 TA 2015/2016. Jumlah tersebut terbagi pada 16 lulusan ahli pratama (D1), 852 ahli madya (DIII), dan 197 sarjana terapan (DIV). Direktur Polnep, Ir HM Toasin Asha MSi berpesan agar wisudawan senantiasa menjaga nama baik almamater.

 
“Apa pun yang saudara lakukan, di mana pun Anda berkiprah sebagai alumni Polnep dalam masyarakat, akan memberi pengaruh pada perkembangan dan nama baik kampus kita tercinta ini. Jadilah duta Polnep ditengah masyarakat, kibarkan selalu panji Polnep. Anda sukses, kami pun bangga,” ujarnya, kemarin.

Kesuksesan wisudawan pada dunia kerja sangat berbagai faktor. Kemampuan / kecerdasan intelektual bukan lagi satu-satunya faktor menentukan, perlu kemampuan tambahan soft skill yang harus terintegrasi dalam diri wisudawan. “Jika kecerdasan intelektual, emosional, sosial, dan spiritual saling terintegrasi. Menjadi manusia seutuhnya. Maka saya yakin, saudara-saudara dapat meraih kesuksesan,” katanya.

Melalui kecerdasan majemuk tersebut pula, wisudawan memiliki kemampuan andal, tidak hanya menjadi pencari kerja, tetapi juga pencipta kerja. “Dengan bekal yang sudah saudara miliki ini, saudara diharapkan dapat mengembangkan sendiri daya kreativitas dan inovatif. Sehingga saudara punya daya saing tinggi,” ujarnya.

Toasin pun menyampaikan isu besar yang ditempuh Polnep, yaitu mengokohkan Polnep sebagai bagian perguruan tinggi kelas dunia (world class university). Sesuai wujud visi global Polnep, sebagai perguruan tinggi vokasi terpercaya di tingkat nasional dan internasional. Hal tersebut diperlukan seabgai pertanggungjawaban, sekaligus perluasan peran Polnep dalam mengembangkan kehidupan umat dan bangsa yang lebih baik, kini dan yang akan datang.

“Beberapa langkah strategis tengah kami upayakan untuk mewujudkan visi tersebut. Kami telah lakukan pertukaran mahasiswa magang dengan Universite de Valenciennes, Prancis. Join research dan pengembangan staf dengan Univercity of Leincester, Inggis. Serta kerja sama dengan perguruan tinggi di Malaysia,” jelasnya.

Pada tahun akademik 2016/2017, Polnep memiliki 4.308 mahasiswa yang tersebar pada delapan jurusan dan 21 program studi. Polnep memiliki 254 dosen tetap, termasuk yang non PNS; serta 218 tenaga pendidik. Menurut daftar peringkat repository PTN/PTS se-Indonesia versi webometriks (Juli 2016), Polnep berada di Peringkat ke-1 politeknik wilayah Kalimantan, Peringkat ke-2 politeknik se-Indonesia, Peringkat ke-3 politeknik se-Asia, dan urutan ke-52 PTN/PTS se-Indonesia.

“Keberhasilan secara lembaga untuk memberikan motivasi kerja pada seluruh elemen Polnep. Ini juga untuk tingkatkan kepercayaan diri para lulusan / alumni Polnep. Mereka dapat dipercaya dan mampu bekerja sesuai bidang ilmunya. Kualitas lulusan Polnep tidak kalah dari perguruan tinggi lain, baik tingkat nasional maupun internasional,” pungkas Toasin. (d1, Erwandi-Pranata Humas Muda Polnep)

Berita Terkait