Politeknik Wisuda 100 Ahli Madya

Politeknik Wisuda 100 Ahli Madya

  Sabtu, 8 Oktober 2016 10:50

Berita Terkait

KETAPANG – Politeknik Negeri Ketapang pada Kamis (6/10) lalu menggelar Wisuda VI Program Diploma III (D3) Tahun Akademik 2015/2016. Sebanyak 100 mahasiswa yang terbagi atas 21 mahasiswa dari Program Studi Perawatan dan Perbaikan Mesin, 28 mahasiswa dari Program Studi Teknik Pertambangan, dan 51 mahasiswa dari Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan secara langsung diwisuda oleh Ketua Senat sekaligus Direktur Politeknik Negeri Ketapang Dr Ir Hj Nurmala MM. Prosesi sakral tersebut berlangsung di Hotel Borneo Ketapang dan dihadiri oleh Bupati dengan diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang Drs H Mansur MSi, perwakilan Polres, Kodim, DPRD, stakeholders pendidikan, pengusaha, dan wisudawan/wisudawati beserta seluruh undangan.

Pada wisuda tersebut, indeks prestasi komulatif (IPK) tertinggi dengan predikat pujian diraih Dhino Tri Ardi dengan nilai IPK 3,82. Sedangkan untuk tertinggi kedua dan ketiga dengan predikat sangat memuaskan masing-masing diraih Fidiana dengan IPK 3,63 dan Dewi Santika, IPK 3,47.

Direktur Politeknik Negeri Ketapang Dr Ir Hj Nurmala MM, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para wisuda-wisudawati, yang telah meraih gelar ahli madya tersebut. Mereka diminta dia untuk dapat memanfaatkan ilmunya secara bertanggung jawab, untuk kepentingan pendidikan maupun keperluan pada dunia kerja.

Lebih lanjut dia menyakinkan bahwa lulusan Politeknik Negeri Ketapang siap dan mampu bersaing dengan tenaga kerja asing, khususnya di Kabupaten Ketapang. Menurutnya, semua sistem pendidikan politeknik di seluruh Indonesia sama. Hanya saja, dia menambahkan, tinggal tergantung para mahasiswa dan lulusannya untuk siap dan sanggup bekerja keras, dengan terus meningkatkan ilmu akademik yang telah dimilikinya, disiplin, jiwa leadership, dan bisa saling bekerja sama. “Saya harapkan para lulusan agar terus belajar, jangan merasa puas hanya dengan gelar AMd (ahli madya), tetap rendah hati, dan semoga para lulusan ini semua bisa terserap pada perusahaan maupun industri yang ada di Kabupaten Ketapang,” harapnya.

Sementara itu, Sekda Drs H Mansur MSi, mengingatkan agar kegiatan wisuda bukan sekadar acara rutin yang sifatnya seremonial. Lebih dari itu, yang terpenting menurut dia, adalah dapat disikapi secara arif dan bijaksana, untuk melakukan koreksi terhadap proses manajerial penyelenggera pendidikan. “Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan penilaian hasil yang dicapai,” katanya.

Mansur mengingatkan, di zaman globalisasi seperti saat ini, mutu pendidikan harus terus ditingkatkan. Lembaga pendidikan tinggi di Ketapang, diharapkan dia, mampu mengembangkan pendidikan yang berorientasi pada standar kompetisi nasional dan internasional. Diingatkan dia kembali bahwa masyarakat dan dunia kerja semakin menuntut kualitas, sehingga perlu dilakukan secara terus menurus. Menurutnya, kualitas yang akan menentukan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan. “Saya atas nama pemerintah Ketapang mengucapkan terima kasih kepada civitas akedemika Politeknik Negeri Ketapang yang telah berusaha dan upaya mencetak tenaga ahli madya bagi masyarakat Ketapang,” ucapnya.

Irianto Sastro Prawiro SST MMA, ketua Panitia Wisuda VI, bersyukur lantaran pelaksanaan wisuda ini berjalan sesuai rencana. Pada kesempatan ini pihaknya sengaja mengundang perusahaan maupun industri, agar para pelaku bisnis ini dapat semakin mengenal dan bisa melihat secara langsung para wisudawan-wisudawati yang mempunyai kompetensi di bidangnya masing-masing. “Saya berharap para lulusan ini dapat mengaplikasikan ilmu dan kemampuan yang telah diperoleh dan siap menyesuaikan dengan tuntutan dunia kerja,” pungkasnya. (ser/pms)

 

 

Berita Terkait