Polda Tetapkan Status Siaga Satu

Polda Tetapkan Status Siaga Satu

  Rabu, 9 December 2015 08:02
GELAR PASUKAN : Polda Kalbar menggelar apel pengamanan pilkada serentak di Taman Alun Kapuas, Selasa (8/12). MEIDY KHADAFI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menetapkan status siaga satu selama pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember 2015. "Status siaga satu berlaku di seluruh Indonesia sejak kemarin," kata Kapolda Kalbar Brigjen Pol Arief Sulistyanto usai menjadi instuktur upacara apel kesiapan pengamanan Pilkada di Alun-alun Kapuas, kemarin.

Dikatakan Arief, saat ini sebanyak 2690 personel Polri bersama 11. 678 petugas Linmas sudah berada di PPS di tingkat kelurahan yang tersebar di tujuh kabupaten yang melangsungkan pilkada. "Mereka sudah berada di masing-masing PPS bersama dengan petugas Linmas. Kemudian, pada hari H, dari PPS, surat suara dengan dikawal oleh petugas Polri, KPPS akan membawa surat suara dari kantor PPS menuju ke TPS masing-masing," kata Arief.

Untuk pengamanan Pilkada serentak ini pihaknya menyiapkan 4000 personel, terdiri dari 2690 personel yang ditempatkan di PPS, 700 personel BKO TNI, dan sisanya pelaksanaan pengamanan di kantor-kantor KPU, panwaslu dan sebagian melakukan tugas patroli bersama TNI.

"Ini belum termasuk personel yang dicadangkan. Total personel yang dicadangkan kurang lebih ada 2000 personel atau 2 SSK di Polres-polres yang tidak melaksanakan Pilkada. Ditambah cadangan dari Polda Kalbar dan Polresta Pontianak dengan jumlah sekitar 3000 personil," bebernya.

Menurut Arief selama proses pelaksaan tahapan Pilkada, baik masa kampanye, masa tenang hingga menjelang hari H pemilihan, belum ada laporan terkait pelanggaran yang masuk. "Sejak kemarin, saya sudah perintahkan para kapolres untuk memberikan laporan perkembangan setiap enam jam sekali. dan tidak ada aktivitas seperti itu, termasuk masa tenang ini betul-betul dimanfaatkan untuk membantu KPU dan panwaslu melepas alat-alat peraga," katanya. (arf)

Berita Terkait