Polda Siap Amankan Kantor KPU

Polda Siap Amankan Kantor KPU

  Jumat, 4 December 2015 08:01
Kapolda Kalbar Brigjen Pol Arief Sulistyanto

Berita Terkait

PONTIANAK - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menyatakan kesiapannya dalam memberikan pengamanan pilkada serentak yang hanya tinggal menghitung hari itu.Kapolda Kalbar Brigjen Pol Arief Sulistyanto, pihaknya telah melaporkan kesiapannya kepada Kapolri terkait pengamanan penyelenggaraan pilkada serentak yang juga akan dilaksanakan pada tujuh kabupaten di Kalbar.

“Sesuai dengan arahan Bapak Kapolri, saya sudah laporkan mengenai kesiapan kita dalam mengamankan pilkada serentak, 9 Desember nanti,” kata Arief, kemarin. Menurut Arief, pihaknya juga telah melakukan pengecekan secara langsung di masing-masing Polres yang melakukan pengamanan pilkada. Dan yang terakhir mengenai kesiapan logistik pemilu. “Semua logistik sudah siap. Dan hari ini ada pemusnahan surat suara rusak dan surat suara lebih. Dan itu semua dilakukan pengamanan seluruh jajaran kepolisian dan diawasi serta dibuat berita acara pemusnahan,” ujarnya.
Dilanjutkan Arief, kekurangan-kekurangan logistik pemilu yang sebelumnya terjadi sudah bisa terpenuhi, sehingga tidak ada masalah mengenai kesiapan logistik pemilu.“Dan mulai hari ini dilakukan pendistribusian dari KPU ke PPK dan selanjutnya dari PPK ke PPS sampai pada H-1 nanti ke TPS-TPS seluruhnya dengan pengawalan kepolisian, Panwaslu dan KPU,” lanjutnya.
Kemudian untuk pengamanan kantor-kantor KPU akan diperkuat, karena melihat perkembangan situasi di wilayah lain, ada kantor KPU yang mendapat serangan dan ancaman, bahkan pembakaran. “Diharapkan ini betul-betul jadi atensi saya kepada Kapolres untuk mempertebal jumlah kekuatan dengan melibatkan unsur-unsur lain. Jadi minimal satu kantor KPU ada 20-30 orang,” tegasnya.”Khusus kantor KPU Kapuas Hulu, karena belum ada pagarnya, maka sudah saya perintahkan agar di pasang security barrier atau kawat berduri, serta dikirim mobil taktis untuk di BKO-kan kepada Polres Kapuas Hulu," sambungnya.
Untuk pengamanan pilkada tersebut, total personel yang dilibatkan, yakni sebanyak 2.944 polisi, dan ditambah BKO dari Polda Kalbar, seperti dari Brimob, Sabhar, Polair dan staf sebanyak 655 personel.Ada tujuh kabupaten di Kalbar yang menyelenggarakan pilkada serentak 9 Desember 2015, yakni Kabupaten Sambas, Bengkayang, Sekadau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, dan Kabupaten Ketapang.Arief menyatakan, pihaknya optimistis bisa mengamankan penyelenggaraan pilkada serentak di tujuh kabupaten provinsi itu. “Saya yakin dengan semua perencanaan dan strategi yang matang. Insya Allah kami bisa mengamankan pilkada serentak, yang tinggal seminggu lagi dilaksanakan," katanya.
Meskipun penyelenggaraan pilkada serentak ini pertama kali digelar di Kalbar dan Indonesia umumnya. Tetapi dengan perencanaan matang, aka akan tercipta keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.Ia menambahkan, hingga saat ini, situasi Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) pada tujuh kabupaten penyelenggara pilkada serentak tersebut aman dan kondusif. (arf)

 

Berita Terkait