Polda Kalbar Amankan Kosmetik Tanpa Izin Edar

Polda Kalbar Amankan Kosmetik Tanpa Izin Edar

  Jumat, 7 Oktober 2016 13:02

Berita Terkait

PONTIANAK- Subdit I  Direktorat Reserse Khusus Polda Kalbar mengamankan  kosmetik yang tidak memiliki ijin edar dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan  (BPOM) dari seorang laki-laki bernama Herman warga Jalan Sui Raya Dalam  Kompleks Lestari II nomorr 22 A.Kabupaten Kubu Raya.

Herman diamankan saat mengendarai sepeda motor Mio, KB 6615 HK, di Jalan Sepakat II  Achmad Yani yang sedang mengantar beberapa jenis kosmetik kepada konsumen, kemudian oleh Tim Reserse Khusus Polda Kalbar dilakukan pengecekan terhadap produk tersebut dan hasilnya sebagian besar tidak memiliki ijin edar.

Tanpa buang buang waktu Tim Reskrimsus dibawah Pimpinan  Kompol Sardo Sibarani melakukan pengembangan dengan menyelidiki obat yang lainnya di rumah pelaku  di Jalan Sui Raya Dalam  Kompleks Lestari II nomorr 22 A.Kabupaten Kubu Raya.

Di rumah pelaku, polisi mendapatkan  kosmetik sebanyak 22 Item, dengan berbagai macam  merk dan jumlah total kosmetik yang disita sebanyak  248.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Suhadi membenarkan adanya penangkapan peredaran  Kosmetik tanpa berijin  dengan tersangka Herman Chai alias Aphin (32), alamat Jalan Sui Raya Dalam kompleks Ceria  10 Rt  001, Rt 005 Sui Raya Dalam Kabupaten Kubu Raya.

Terhadap tersangka dikenakan paaal 197 jo 106 Undang Undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan dengan pidana paling lambat 15 tahun dan denda paling banyak 1.5 Milyard dan pasal 62 ayat 1 jo paaal 8, undang undang  nomor 8 tahum 1999 tentang perlindungan konsumen, dengan ancaman hukuman  5 tahun atau pidana denda paling banyak 2 Milyar. (arf)⁠⁠⁠⁠

Berita Terkait