PN Pontianak Lanjutkan Kerjasama Posbakum dengan Peradi

PN Pontianak Lanjutkan Kerjasama Posbakum dengan Peradi

  Kamis, 11 January 2018 10:00
KERJASAMA POSBAKUM: Ketua PN Pontianak Erwin Djong SH MH dan Ketua DPC Peradi Pontianak, Hadi Suratman SH MSi, menandatangani MoU Pelayanan Bantuan Hukum untuk Posbakum PN Pontianak dan saat diabadikan bersama pengurus Posbakum yang ditunjuk. DPC PERADI FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK – DPC Peradi Pontianak tetap berkomitmen mendukung kegiatan bantuan hukum kepada Pengadilan Negeri Pontianak. Bukti komitmen kerjasama bantuan hukum itu, kemarin dituangkan dalam kesepakatan bersama (MoU-Memorandum of Understanding). MoU yang ditandatangani Ketua Pengadilan Negeri Pontianak, Erwin Djong SH MH dan Ketua DPC Peradi Pontianak, Hadi Suratman SH MSi ini sekaligus menindaklanjuti pertemuan yang telah dilakukan November 2017 lalu.

Usai penandatanganan MoU, Ketua PN Pontianak Erwin Djong menyatakan menyambut baik kerjasama dari Peradi yang membantu menyediakan jasa advokat di Pos Bantuan Hukum (Posbakum) PN Pontianak. 

“Kita menyambut baik kerjasama DPC Peradi Pontianak terkait pelayanan bantuan hukum melalui Posbakum (pos bantuan hukum) kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan dan berhadapan dengan hukum di Pengadilan Negeri Pontianak. Harapan kita, kerjasama yang dilakukan akan semakin baik ke depan, terutama terkait pelayanan bantuan hukum,” terang Erwin Djong. 

Hal senada disampaikan Hadi Suratman yang juga menjadi Pengurus DPN Peradi Korwil Kalimantan Barat Timur dan Utara. Kerjasama pelayanan hukum dari Posbakum ini katanya sesuai amanah yang diisyaratkan dalam Peraturan MA (Perma) No. 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan. Perma ini menyikapi ketentuan bantuan hukum yang diterbitkan pemerintah.

“Sebab itu sebagai bukti komitmen Peradi dalam memberikan jasa pelayanan bantuan hukum pada masyarakat yang bermasalah dan berhadapan dengan hukum di pengadilan, kita DPC Peradi tetap melanjutkan komitmen bersama tersebut. Kita berharap pengadilan negeri lain di Kalbar ini juga mau berkomitmen menjalin kerjasama dengan Peradi dalam pelayanan bantuan hukum di pengadilan mereka masing-masing,” terang Hadi Suratman.

Hadi Suratman menjelaskan untuk mengkoordinir pelayanan bantuan hukum di sekretariat Posbakum PN Pontianak, DPC Peradi telah menunjuk Sarwaniansyah SH sebagai Ketua Posbakum dan M Arief Eko Paragawan SH selaku Sekretaris dan Erikson Pasaribu SH sebagai Bendahara. (pay)

Berita Terkait