PLN Uji Coba PLTU Sukabangun

PLN Uji Coba PLTU Sukabangun

  Selasa, 12 April 2016 10:45
BEROPERASI: PLN akan melakukan uji coba pengoperasian terhadap Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sukabangun. Mesin pembangkit ini memiliki kapasitas daya 2 x 10 megawatt. Kehadiran PLTU ini diharapkan menjadi jawaban dari keluhan masyarakat terkait seringnnya pemadaman bergilir. Istimewa

Berita Terkait

PONTIANAK- Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sukabangun dengan kapasitas daya 2 x 10 megawatt siap melakukan tahap uji coba pengoperasian. Uji coba itu rencananya akan dilakukan pada minggu kedua Bulan April 2016 hingga minggu pertama bulan Mei 2016. “Selama rentang waktu itu akan dilakukan komisioning yang bertujuan untuk uji fungsi dan uji keandalan PLTU Ketapang ini,” kata Manager Humas PLN Kalimantan Barat, M Doing, baru-baru ini. 

Selama uji coba itu, lanjut dia, akan dilakukannya simulasi pemadaman berdampak pada keandalan sistem. Dimana akan dilakukan pemadaman secara lokasional maupun pada seluruhnya (Black Out Sistem). Menurut Doing, tujuannya untuk melihat kondisi mesin dari sisi kehandalan operasional apakah sudah berjalan dengan baik dan segera siap dioperasikan. 

Sementara itu proyek pembangunan pusat listrik tenaga uap (PLTU) di Ketapang, dengan Kapasitas 2 x 10 megawatt diharapkan menjadi jawaban terhadap masalah pemadaman bergilir yang dialami masyarakat akibat dari defisit daya. 

Sistem Ketapang yang menyuplai listrik dari Kendawangan hingga Seponti dengan pusat listrik yang terletak di Sukaharja, sejak Tahun 2012 mengalami defisit daya sebesar 5.000 kW. Secara tidak langsung menuai keresahan pelanggan PLN. Sebab ketika waktu beban punca yakni antara pukul 17.00 hingga 22.00, mau tak mau dilakukan pemadaman bergilir. Tidak hanya di Ketapang, PLTU ini juga diharapkan bisa menerangi hingga ke wilayah Kayong Utara. 

Doing memastikan pihaknya akan terus meningkatkan usaha dan kerja kerasnya untuk selalu menerangi nusantara. PLTU Ketapang berlokasi di dua titik yang berbeda di daerah Sukabangun Dalam Ketapang dengan masing-masing kapasitas sebesar 1 x 10 MW. 

Untuk PLTU Ketapang Unit 1# telah selesai dikerjakan di bulan Januari 2016. Petugas PLTU Ketapang sudah melakukan 93 Kali sistem blowing pada Februari lalu. “Ini dilakukan untuk membersihkan pipa-pipa mesin guna memperlancar kerja turbin agar beroperasi dengan baik,” kata dia. 

Kemudian, Maret 2016 lalu, PLTU Ketapang Unit 1# juga sudah dilakukannya uji coba proses sinkronisasi tegangan dari pusat listrik ke distribusi sebesar 2,4 megawatt. Uji coba itu berjalan dengan lancar dan akan dilakukan secara bertahap hingga mesin siap beroperasi. Doing mengatakan pihaknya memohon maaf kepada seluruh pelanggan di daerah Kabupaten Ketapang dan Kayong Utara atas ketidaknyamanan ini.

“Mohon doa restunya agar proses komisioning ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti, sehingga permasalahan pemadaman diakibatkan defisit daya akan segera teratasi,” harapnya. (mse)

Berita Terkait