PLBN Entikong Perkasa dengan Tugu Garuda

PLBN Entikong Perkasa dengan Tugu Garuda

  Senin, 28 November 2016 18:23

Berita Terkait

ENTIKONG--Kemajuan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat mencapai 95,45 persen per November 2016. Menjelang rampungnya pengerjaan PLBN Entikong, pemerintah memandatkan unit kerja Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) sebagai pengelola utama PLBN Entikong.

"Pengelola utamanya ada di BNPP, nanti dibuat unit kerja khusus pengelola PLBN. Tapi untuk operasional pelayanannya diserahkan ke CIQ masing-masing," kata Camat Entikong, Suparman, Senin (28/11) siang di Entikong.

Direncanakan pertengahan Januari ini bisa diresmikan Presiden RI. Semua PLBN di Kalbar diresmikan serentak Januari. Ada tiga, PLBN Entikong, PLBN Aruk dan PLBN Nanga Badau, dipusatkannya di PLBN Entikong.

Manager proyek PLBN Entikong, Budiyanto Setiawan menyampaikan kontrak pengerjaan PLBN Entikong berakhir 15 Desember 2016 dengan masa perawatan enam bulan setelahnya. Selanjutnya perawatan   dilakukan berkala tiap dua tahun sekali. "Ini proyek multy years. Tahap pertama fokus di zona inti. Sarana prasarana pendukung kita siapkan bertahap. Karena ini kan bicara infrastruktur, tentu mana yang urgent yang kita dulukan," jelasnya.

Khusus di PLBN Entikong bangunan mengadopsi bangunan lokal dan yang menjadi landmarknya adalah Tugu Burung Gatuda. Sehingga setiap yang datang ke perbatasan terlebih dahulu memandang Tugu Burung Garuda ini sebagai lambang NKRI.(ags)

Berita Terkait