Plataran L'Harmonie; Kawasan Wisata Baru dan Berkelas di Bali

Plataran L'Harmonie; Kawasan Wisata Baru dan Berkelas di Bali

  Selasa, 17 May 2016 19:41

Berita Terkait

MENTERI Pariwisata (Menpar) Arief Yahya meresmikan Plataran L'Harmonie, sebagai upaya mengembangkan Bali Barat sebagai kawasan ekowisata.

Resort dengan konsep back to nature ini terdapat di Menjangan, Bali Barat -- bagian Pulau Bali yang relatif belum sesak oleh industri pariwisata. Berbeda dengan kebanyakan resort di Bali Selatan, Plataran L'Harmonie menyatu dengan hutan tropis dan alam yang masih asli.

"Konsep ekoturisme lebih mencari kualitas wisman dan nilai yang lebih besar," kata Menpar Arief Yahya.

Menurut Arief Yahya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sedang mengembangkan konsep. Pariwisata dan alam saling melengkapi, saling mendukung

"Selain itu, kita juga harus punya destinasi dengan mass tourism, dan mengembangkan atraksi high end tourism," demikian Arief Yahya. "Plataran L'Harmoni di Menjangan ini lebih ke high end. Jadi, hanya wisman yang punya selera tinggi yang akan datang."

Menurut Menpar, Bali Barat dan Utara akan fokus mengembangkan ekowisata. Ini amat penting agar tidak terjadi kesenjangan dengan Bali Selatan.

Kemenpar, katanya, akan menekankan pentingnya konservasi yang membawa rezeki jangka panjang bagi masyarakat sekitar. Menurutnya, ada banyak contoh konservasi yang memberi manfaat berkelanjutan bagi lingkungan sosial budaya, dan nilai ekonomi masyarakat.**

Berita Terkait