PKK dan PMI Bantu Korban Puting Beliung

PKK dan PMI Bantu Korban Puting Beliung

  Kamis, 19 November 2015 10:02
BANTUAN: Ketua PKK, Hj Erlina Ria Norsan menyerahkan bantuan uang tunai kepada Kades. ISTIMEWA

Berita Terkait

MEMPAWAH-Meringankan beban korban bencana angin puting beliung, Pengurus PKK dan PMI Kabupaten Mempawah menyalurkan bantuan kepada warga Desa Sungai Duri Satu Kecamatan Sungai Kunyit, Selasa (17/11). Bantuan secara simbolis diserahkan Hj Erlina Ria Norsan kepada Kepala Desa (Kades), Suryani.

Bantuan yang disalurkan PKK dan PMI tersebut berupa uang tunai dengan total sebesar Rp 31 juta. Sehingga, setiap korban berhak mendapatkan bantuan senilai Rp 1 juta. Bencana angin puting beliung yang terjadi pada Sabtu (14/11) sekitar pukul 03 45 dini hari itu merusak 29 rumah, satu masjid dan mushollah di Dusun Subur dan Dusun Sutra Rt 03, 06, 08, 09 dan 10 Desa Sungai Duri I Kecamatan Sungai Kunyit. Tercatat 122 jiwa dari 36 Kepala Keluarga (KK) menjadi korban dalam bencana itu.

 “Bantuan ini merupakan tali asih dari kami kepada saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana angin puting beliung beberapa hari lalu. Mudah-mudahan bantuan ini dapat sedikit meringankan beban hidup para korban,” harap Ketua PKK, Hj Erlina Ria Norsan disela-sela penyerahan bantuan. Erlina yang juga Ketua PMI Kabupaten Mempawah itu mengaku prihatin dan mengajak seluruh masyarakat mengambil hikmah serta pelajaran berharga dari musibah tersebut. Agar, kedepan masyarakat bisa lebih meningkatkan kewaspadaan guna mengantisipasi semaksimal mungkin musibah dilingkungannya.

 “Insha Allah, setelah kejadian ini akan Allah tambah nikmat rezekinya, kesehatan dan lainnya. Sehingga kita senantiasa menjadi manusia yang selalu beryukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan,” tuturnya memotivasi korban bencana alam.  Terkait penyaluran bantuan, Erlina meminta masyarakat korban bencana agar bersabar menunggu realisasinya. Sebab, dalam hal penyaluran bantuan dari pemerintah harus melalui prosedur yang telah ditetapkan.Mengingat, bantuan yang diberikan menggunakan anggaran negara yang harus dipertanggungjawabkan dengan baik.

“Nanti, saya juga akan coba sampaikan kepada Bapak Bupati agar proses penyaluran bantuan bisa disegerakan. Karena, kondisi sekarang para korban menumpang hidup dirumah keluarga atau tetangga,” tuturnya. Lebih jauh, Erlina pun berharap bantuan material bangunan yang diberikan tidak hanya berupa seng melainkan beberapa material lain seperti triplek.

Dari pantauannya, beberapa bangunan rumah korban tidak hanya mengalami kerusakan pada bagian atap, termasuk juga dinding dan plafon. “Memang bantuan material ini sangat dibutuhkan untuk membangun kembalirumah para korban yang rusak disapu puting beliung. Meski tidak bisa kembali sempurna seperti sebelumnya, setidaknya bisa sedikit meringankan beban. Sekali lagi kami minta agar korban bersabar menunggu realisasi bantuan yang akan diberikan nanti,” pungkasnya.(*wah*)

 

Berita Terkait